HomeRuang Lingkup UsahaMultimedia
Gedung Kantor Perum PNRI Tempo Dulu

Produk Multimedia

Perusahaan Negara (PN) Lokananta yang didirikan pada tahun 1956 menyimpan sejarah panjang sebagai perusahaan yang merintis usaha rekaman di Indonesia.
 
Di samping itu, PN. Lokananta berperan dalam menyebarkan hasil rekaman ke masyarakat luas, dan sangat berjasa dalam melakukan dokumentasi bersejarah, termasuk hasil-hasil karya kebuadayaan nasional dalam bentuk audio, seperti repertoar-repertoar musik tradisional dari berbagai penjuru tanah air.
 
Banyak seniman dan penyanyi, baik dari jenis musik atau aliran pop maupun keroncong sejak era 1950-an memulai debutnya dan terkenal berkat rekaman di Lokananta, seperti Sam Saimun, Bing Slamet, Waljinah, Upit Sarimanah dan lain-lainnya.
 
Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 2001, PN. Lokananta telah dilikuidasi dan sisa hasil likuidasi ditetapkan sebagai Penambahan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia ke dalam modal Perum PNRI.
 
Sejak tahun 2004, PN. Lokananta menjadi Perum PNRI Cabang Surakarta  yang berlokasi di Jl. Jend. Achmad Yani No. 379, Surakarta 57143.
 
Di Perum PNRI Cabang Surakarta masih tersimpan sekitar 40.000 keping piringan hitam (PH) yang merupakan master rekaman musik, gending ataupun iringan tari dan beberapa dokumen yang bernilai sejarah.
 
Cakupan tugas Perum PNRI Cabang Surakarta, sebagai salah satu pusat multimedia mempunyai ruang lingkup tugas di bidang multimedia, rekaman (kaset dan CD ROM), remastering, dan pengembangan percetakan dan jasa grafika serta kegiatan di dunia penyiaran (broadcasting).

Peraturan Pemerintah

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.72 Tahun 2012 Tentang Perum Percetakan Negara RI.

Selengkapnya