HomePublikasiBerita

Kunjungan Program PR Tanpa Batas (PRTB) FHBUMN.


Berawal dari ketertarikan beberapa pengurus FHBUMN untuk berkunjung ke Lokananta dan mengenalkan lebih dekat kepada seluruh anggota FHBUMN dan juga masyarakat luas, pada hari kamis 29 November 2018 Perum Percetakan Negara RI Cabang Surakarta- Lokananta mendapat kunjungan Program PR Tanpa Batas (PRTB) yang diselenggarakan FHBUMN.

Kunjungan ini disambut hangat oleh Perum Percetakan Negara RI Cabang Surakarta-Lokananta, dengan diawali sambutan dari Kepala Cabang Perum PNRI Surakarta- Lokananta, Fendi Heryadi, kemudian dilanjutkan sambutan dari Sekjen FHBUMN, Ferry Andriyanto

Dalam kunjungan ini, para peserta diajak untuk mengenal lebih dekat lagi Lokananta. Para peserta yang terdiri dari 109 orang dari 60 BUMN ini sangat antusias saat melihat ruang yang ada di Lokananta diantaranya ruang pita reel master, ruang penggandaan Kaset/CD, ruang vinyl, ruang museum dan ruang souvenir yang dimiliki Lokananta. Ada yang menarik pada kunjungan ini, dimana seluruh peserta sebelum melakukan tur, mereka lebih dulu diperdengarkan Rekaman Asli Pidato Proklamasi Presiden Soekarno dan Lagu Indonesia Raya melalui Pita Master yang dimiliki oleh Lokananta.  

Selanjutnya para peserta diajak untuk sarapan bersama di pendopo Lokananta. Suasana kebersamaan di pendopo sangat terasa pada saat break tersebut dimana semua peserta saling bercengkrama satu dengan yang lain. Selesai melakukan sarapan, peserta dihimbau memasuki ruang rekaman untuk take vocal dan benyanyi bersama ke dalam studio rekaman. Semua peserta pun melepas alas kaki yang merupakan salah satu tata tertib Lokananta dalam memelihara dan menjaga tempat heritage diantaranya saat memasuki studio. Mereka (Peserta) pun merespon dengan sangat baik dan antusias untuk menjaga tempat heritage dimaksud.

Dari awal datang peserta sudah mulai terlihat ketertarikannya terhadap Lokananta, selain dari sisi seni (musik), para Humas BUMN juga baru mengetahui kalau studio terbesar di Indonesia itu disandang oleh Lokananta sebagai perusahaan milik Negara. Sebelum dimulainya rekaman, para peserta mendapatkan pemaparan materi mengenai sejarah lokananta dan bisnis Lokananta oleh Staf Humas Perum PNRI, Rohmat dan Pengembangan Bisnis Perum PNRI, Anggraeni Mutiasari. Tak ketinggalan juga, sebagai bentuk penghormatan kepada seluruh anggota FHBUMN, Direksi yang pada saat itu tidak bisa hadir dikarenakan kesibukan pekerjaan menyampaikan sambutan melalui GM Pengembangan Bisnis Perum PNRI, Chieko Handayana.

Selesai pemaparan materi serta sambutan Direksi, peserta langsung memulai rekaman dengan menyanyikan 4 lagu yang sudah disiapkan. Keempat lagu tersebut adalah Bagimu Negeri (Lagu Kebangsaan), Rumah Kita (God Bless Feat All Star), Meraih Bintang (Via Vallen) dan Love Of My Life (Queen). Gemuruh suara dari 109 orang menyanyikan lagu secara bersamaan membuat suasana meriah dan semangat yang tinggi tercipta saat para peserta mulai menyanyi di dalam studio rekaman lokananta yang sangat bersejarah. Respon positif dan antusiasme bermunculan juga terungkap dari para peserta melauli wawancara, postingan di media sosial masing-masing, maupun publikasi tulisan dalam bentuk blog.

Ke depan, semoga melalui kunjungan-kunjungan seperti ini, Perum PNRI Cabang Surakarta – Lokananta selain dapat menumbuhkan awareness pada kalangan usia senja juga lebih dikenal dekat di masyarakat luas khususnya para kaum milenial akan keeksisannya sampai dengan saat ini

   

 

 

 

BUMN BRANDING & MARKETING AWARD 2018 “Merebut Peluang Era Industri 4.0 Melalui Penguatan Merek Indonesia”

BUMN BRANDING & MARKETING AWARD 2018
“Merebut Peluang Era Industri 4.0 Melalui Penguatan Merek Indonesia”

Jakarta, 21 November 2018 berlokasi di Ballroom Hotel JS Luwansa, BUMN Track yang didukung oleh Arrbey Consultan dan Rumah Perubahan menyelenggarakan kembali BUMN Branding and Marketing Award 2018 yang ke-6. Acara ini merupakan bentuk apresiasi terhadap kinerja Bisnis dan Marketing dari seluruh perusahaan-perusahaan BUMN dan Anak Perusahaan BUMN dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0.

Selain kinerja perusahaan, terdapat juga penghargaan bagi kategori CMO (Chief Marketing Officer) BUMN terbaik sebagai sosok yang memiliki kemampuan terbaik dalam mengelola dan mengatur posisi perusahaan secara Branding maupun Marketing sehingga menciptakan citra positif perusahaan di lingkungan masyarakat. Penghargaan ini dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu: Sektor Agro, Manufacturing & Mining, sektor Service, Transportation, Logistics & Energy, dan sektor Financial & Hospitality.

Pada kategori The Best CMO BUMN diraih oleh:
1. PT Pindad (Persero) dari sektor Agro, Manufacturing & Mining;
2. PT Garuda Indonesia (Persero), dari dari sektor Service, Transportation, Logistics & Energy;
3. PT Pegadaian (Persero) dari sektor Financial & Hospitality.

Pada kategori The Best CMO Anak Perusahaan BUMN diraih oleh:
1. PT Pertamina Lubricants dari sektor Agro, Manufacturing & Marketing;
2. PT Garuda Indonesia (Persero) dari ssektor Service, Transportation, Logistics & Energy;
3. PT Patra Jasa dari sektor Financial & Hospitality.

Di sesi terakhir, terdapat sharing session mengenai Branding dan Marketing dengan tema “Merebut Peluang Era Industri 4.0 Melalui Penguatan Merek Indonesia” karena Branding merupakan reputasi dan persepsi yang dibangun terus-menerus untuk membentuk Emotional Connection dan mengubah People Behavior. Adapun langkah yang dapat diambil:

1. Merevisi bisnis model dan strategi bisnis perusahaan;
2. Melakukan Digital Adoption;
3. Produk inovatif dan Smart Digital Marketing;
4. Mengambil peluang di setiap market geografis;
5. Melakukan transformasi Human Digital (Excitement, Knowledge dan Experience).

3rd FHCI MILLENNIALS MEET UP: “Expanding Cargo & Lifestyle Business in Industry 4.0”

 

3rd FHCI MILLENNIALS MEET UP:
“Expanding Cargo & Lifestyle Business in Industry 4.0”

Pada tanggal 16 November 2018 berlokasi di Salon Dek 6, Kapal KM Kelud Pelabuhan Tj. Priok, Jakarta telah dilaksanakan kegiatan Meet Up atau pertemuan yang ketiga antara generasi Millennials BUMN. Kegiatan yang dikoordinir oleh Kementerian BUMN, FHCI (Forum Human Capital Indonesia), FHCI Millennials dan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) ini menggagas tema “Expanding Cargo & Lifestyle Business in Industry 4.0”. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan wawasan Millennials BUMN dalam menghadapi era Industri 4.0 serta mensosialisasikan struktur organisasi dan program kerja Millennials di BUMN.

Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan Millennials dari seluruh BUMN ini diawali dengan kegiatan Tour Kapal KM Kelud milik PT Pelni. KM Kelud merupakan jenis kapal penumpang yang berusia lebih dari 20 tahun dan melayani rute Tanjung Priok, Batam, Tanjung Balai, dan Belawan. Kapal ini memiliki tujuh lantai dengan kapasitas penumpang hingga 2.600-3.300 pax yang terbagi ke dalam kelas I, II dan ekonomi.

Kapal ini juga dilengkapi berbagai fasilitas lengkap seperti bedroom, sarana olahraga, meeting room, ballroom, masjid, klinik, bioskop, karaoke dan sebagainya. Para peserta juga diajak berkunjung ke ruang kemudi serta berkesempatan untuk memperoleh seputar ilmu pelayaran dibimbing oleh kapten kapal dan awak kapal yang ahli di bidangnya.

Pada sesi selanjutnya para peserta memperoleh materi Expanding Cargo & Lifestyle Business in Industry 4.0 oleh Direktur Utama PT Pelni (Persero), Bpk Insan Purwarisya L. Tobing. Dijelaskan bahwa Industri 4.0 mendorong perusahaan untuk mengubah cara beroperasi dan beradaptasi dengan dunia yang cepat berubah. Beberapa kegiatan yang telah dilakukan PT Pelni dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0, yaitu:
1. Optimasi produktivitas kapal penumpang melalui kegiatan lifestyle business;
2. Digitalisasi proses bisnis;
3. Optimasi tata kelola bisnis melalui operational excellence; serta
4. Transformasi budaya, tata nilai, dan perilaku yang selaras dengan strategi bisnis

Di sesi terakhir, para peserta diberi pengarahan dan sosialisasi terkait Pembahasan Program Pengembangan Pegawai Millennials BUMN oleh FHCI. Generasi Millennials dianggap memiliki usia dan pemahaman yang produktif dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0, sehingga peningkatan skill dan keterlibatan dalam pengambilan keputusan penting perusahaan akan menjadikan Millennials sebagai Agent of Change Transformasi Organisasi.

Pembentukan organisasi tersebut juga diperkuat dengan adanya Surat Edaran KBUMN No SE-08/MBU/11/2018 mengenai Pembentukan Wadah/Perkumpulan Bagi Generasi Milenial di Badan Usaha Milik Negara. Sinergi dan sinkornisasi antara program Millennials dengan lini bisnis perusahaan, serta endorsement dari setiap atasan akan mampu mempercepat terealisasinya program-program Millennials di lingkungan BUMN.

Telkom Corporate University PLUGGEDIN CORPU INDONESIA

Pada tanggal 15 November 2018 beberapa karyawan Perum Percetakan Negara RI menghadiri acara Pluggedin yang diselenggarakan oleh Telkom University, Bandung.

Pada kesempatan sosialisasi salah satu Program Kementrian BUMN tersebut, Bapak Hambra, Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis KBUMN menyampaikan bahwa Pluggedin Corpu Indonesia bertujuan untuk membentuk BUMN Corporate University yang merupakan gabungan dari seluruh BUMN di seluruh Republik Indonesia, yang nantinya program pembelajaran di Corpu tersebut akan diisi oleh seluruh BUMN yang unggul di bidangnya masing-masing. Dengan demikian, BUMN tidak perlu lagi mencari penyedia layanan training dari luar BUMN karena sudah disediakan oleh BUMN Corporate University.

Namun untuk menghadirkan BUMN Corporate University tidaklah mudah, karena sebelum Corpu tersebut berdiri, setiap BUMN harus memiliki Sistem Informasi dan Learning Program yang terintegrasi. Oleh karena itu, Telkom diwakili Divisi Pengembangan Karir dan Divisi Sistem Informasi dan Aplikasi memperkenalkan berbagai jenis aplikasi dan software yang dapat membantu mengintegrasikan Sistem Informasi di setiap BUMN. Selain itu, Deputi juga mengingatkan peran dari generasi Millennials yang dalam beberapa tahun ke depan jumlahnya akan mendominasi hampir seluruh perusahaan BUMN. Beliau memberikan sharing dan masukan bagaimana cara berinteraksi dengan generasi tersebut sehingga dapat mendorong mereka untuk lebih berinovasi di era Revolusi Industri 4.0, di antaranya membuang sistem pelatihan yang lama (sistem kelas), serta beralih ke sistem pelatihan mobile yang dapat diakses dimana dan kapan saja, melalui aplikasi berbasis Android, IOS dan Desktop.

Dengan demikian, seluruh karyawan Millennials dapat menjalankan pelatihan dimana saja, kapan saja atau bahkan sambil bersantai di Café, di rumah atau berlibur di luar kota. Dan data hasil rekam jejak pelatihan dan nilai dari pelatihan karyawan tersebut dapat diakses oleh Divisi SDM maupun atasan mereka masing-masing.

Syukuran PPGI Ke 44 Tahun

Perum Percetakan Negara RI (Perum PNRI) sebagai salah satu Anggota Persatuan Perusahaan Percetakan Grafika Indonesia (PPGI) pada Senin 12 November 2018 menghadiri acara syukuran PPGI ke 44 Tahun di salah satu rumah makan di Jakarta.

Organisasi yang sudah lama berdiri dan menaungi seluruh perusahaan grafika/percetakan ini cukup banyak membantu perusahaan-perusahaan grafika di Indonesia. Acara ini selain untuk mempererat tali silaturahmi dengan sesama perusahaan grafika, tapi juga menjadi wadah untuk pertukaran informasi-informasi terkait bisnis dunia grafika.

Tamu undangan yang hadir pun cukup banyak selain dari perusahaan grafika, hadir pula dari kalangan pejabat Pemerintahan yaitu Direktur Industri Hasil Hutan dan Perkebunan, Kementerian Perindustrian, Ir. Edy Sutopo, MSi dan Kasubdit Selulosa, Emil Satria. Sementara dari Perum PNRI diwakili oleh Sekretariat Perusahaan, Lady Meidiana dan Koordinator NPNC dan Sinergi BUMN, Bambang Sentanu

Saat ini PPGI masih menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam bisnis percetakan dan grafika, sebagaimana diketahui peran organisasi saat ini mulai sedikit berkurang, ungkap Ketua PPGI, Ahmad Mughira Nurhani

Dengan adanya pertemuan ini, diharapkan dapat membuka peluang bisnis baru dan dapat membangun sinergi yang kuat sesama anggota PPGI.

Subcategories