HomePublikasiBeritaKebakaran? Perum PNRI Cegah Sejak Dini!

Kebakaran? Perum PNRI Cegah Sejak Dini!

 

Dalam rangka Pencegahan dini dan meminimalisir terjadinya kebakaran pada lingkungan kerja, Perum Percetakan Negara Republik Indonesia bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, menyelenggarakan pelatihan penanggulangan bahaya kebakaran kepada karyawan-karyawati Perum pada tanggal 20 November 2019.

Kegiatan dimulai dengan pemaparan materi dari Dinas Pemadam kebakaran Johar baru di Bangsal makan karyawan, para peserta diberikan ilmu pengetahuan dasar mengenai proses terjadinya api, pemadaman api, dan beberapa materi lainnya.
Setelah persentasi materi selesai, rangkaian kegiatan selanjutnya adalah praktek pemadaman kebakaran. Kegiatan praktek terbagi menjadi dua bagian utama yaitu pemadaman menggunakan peralatan tradisional dan pemadaman menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Sebelum memulai praktek, terlebih dahulu disampaikan urutan langkah yang harus dilakukan oleh peserta dalam melakukan pemadaman kebakaran mengunakan berbagai macam alat tersebut.

Pada umumnya penyebab kebakaran bersumber pada 3 faktor Faktor Manusia, Faktor Teknis, Faktor alam dan bencana alam. Bahaya dan resiko ada di sekeliling kita, Jenis bahaya dan tingkat resiko tergantung dari kondisi lingkungan yang dihadapi termasuk di lingkungan kerja, oleh karena itu pentingnya pengetahuan yang harus dimiliki oleh setiap karyawan mengenai bahaya dan cara penanggulangan kebakaran untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan mengenai hal tersebut khususnya di wilayah Perum PNRI.