HomePublikasiBeritaSinergi BEKRAF, Badan Perfilman Negara (BPN) dan Perum PNRI: Workshop Digitisasi dan Monetisasi Arsip Audiovisual

Sinergi BEKRAF, Badan Perfilman Negara (BPN) dan Perum PNRI: Workshop Digitisasi dan Monetisasi Arsip Audiovisual

Solo, 25 September 2019, Badan Ekonomi Kreatif bekerjasama dengan Perum Percetakan Negara RI (PNRI) dan Badan Perfilman Indonesia mengadakan Workshop Digitisasi Dan Monetisasi Arsip Audiovisual dengan Institut National de l’Audiovisuel (INA) di Hotel Alila, Solo, Jawa Tengah.

Kegiatan workshop digitisasi dan monetisasi merupakan bagian dari tindak lanjut penandatanganan nota kesepahaman antara bekraf dengan Centre national du cinéma et de limage animée (CNC) Prancis, pada 27 Mei 2018 terkait pengembangan subsector perfilman dan audiovisual.

Wakil Kepala Bekraf Ricky Joseph Pesik dalam sambutannya mengatakan, workshop tersebut bertujuan untuk melakukan transfer teknologi digitisasi aset audiovisual dari Perancis ke Indonesia. Selain untuk menghemat ruang penyimpanan, digitisasi juga memungkinkan kelestarian aset audiovisual lebih terjaga.

"Kita harus dapat melestarikan aset audiovisual yang kita miliki secara optimal, serta dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui monetisasi dengan memanfaatkan kepemilikan intelektualnya," kata Ricky saat pembukaan workshop, Rabu (25/9).

Sementara itu, Deputi Hubungan Antar lembaga dan Wilayah Bekraf, Endah Wahyu Sulistianti menjelaskan, digitisasi merupakan salah satu pendorong pesatnya perkembangan industry kreatif melalui kekayaan intelektualnya.

"Indonesia memiliki koleksi arsip audio visual, khususnya musik, yang kaya, namun belum terkelola secara maksimal. Padahal arsip-arsip ini memiliki nilai ekonomi yang dapat dilipat gandakan dengan berbagai metode,” ungkap Endah.

Kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 100 peserta, perwakilan dari berbagai Institusi dan Lembaga Pemerintah, BUMN, Asosiasi, Perusahaan swasta, akademisi yang terkait arsip dan audiovisual ini berlangsung mulai dari tanggal 25 hingga 28 September 2019. Dari Perum PNRI sendiri dihadiri oleh Direktur Produksi dan Pemasaran, Waluyo Pujianto.

Diharapkan melalui workshop ini, dapat menjadi langkah awal yang baik bagi Bekraf guna menjaga, melestarikan, serta mengembangkan arsip-arsip audiovisual seoptimal mungkin. Selain itu juga sebagai langkah untuk mempertahankan eksistensi serta meningkatkan trafik Perum PNRI Cabang Surakarta Lokananta.