HomePublikasiBeritaLokananta Reborn : "Livekustik dan Painting Exhibition"

Lokananta Reborn : "Livekustik dan Painting Exhibition"

Solo, 14 September 2019, Perum Percetakan Negara RI cabang Surakarta - Lokananta mengadakan launching Lokananta livekustik dan painting exhibition di studio legendaris Lokananta.

Lokananta kembali menunjukan eksistensinya melalui "Launching Lokananta Livekustis dan painting Exhibition yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata yang mewakili walikota Surakarta, , Putra Kesultanan Solo, Gusti Nino, Direktur Produksi dan Pemasaran Perum PNRI Waluyo Pujianto serta para pegiat seni Surakarta/Solo.

Livekustik dan Painting Exhibition merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Perum PNRI dalam upaya memperkenalkan, mengembangkan, dan melestarikan salah satu Aset Sejarah Kota Surakarta yang menjadi cikal karya kreatif anak bangsa dalam bidang kesenian serta sebuah bentuk apresiasi Perum PNRI kepada para penggiat Seni dan budayawan Surakarta.
Studio Lokananta sendiri berdiri pada 29 Oktober 1956 atas inisiatif R. Maladi (Menteri Penerangan tahun 1959 – 1962) dan pada 2001-2002 dilikuidasi oleh Perum PNRI sehingga pada 2004 resmi menjadi Kantor Cabang Perum PNRI dengan nama Perum Percetakan Negara RI Cabang Surakarta-Lokananta.

Dalam pidato walikota Surakarta yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pariwisata Surakarta berharap "Perum PNRI Cabang Surakarta-Lokananta dapat terus berkarya dalam meningkatkan kualitas dengan memunculkan keunggulan-keunggulan kompetetif maupun komparatif. Dan Lokananta harus terus eksis sebagai bagian pengembangan seni dan budaya"

Sementara itu, Gusti Nino yang turut memberikan sambutan sangat mengapresiasi acara Launching Surakarta Livekustik dan Painting Exhibition kali ini. "Menjadikan Lokananta sebagai tempat berekspresi para seniman dengan memaksimalkan Media Sosial yang mampu merangkul tidak hanya kaum milenial namun seluruh lapisan masyarakat" ujar Gusti Nino.

Waluyo Pujianto, menilai acara Launching Livekustik dan Painting Exhibition sebagai serangkaian proses kegiatan guna meningkatkan traffic Lokananta sehingga dapat dikenal masyarakat luas sebagai bentuk upaya untuk mewujudkan Lokananta Reborn.

Perum PNRI sendiri terus berupaya meningkatkan eksistensi Studio Lokananta dan menjadikan Lokananta sebagai salah satu destinasi wisata sejarah yang beredukasi dan berevolusi dalam dunia musik dan hiburan tanah air dengan menghadirkan ruang seni modern di Kota Surakarta.