HomePublikasiBeritaKunjungan Kerja Petugas Jumantik Johar Baru Ke Perum PNRI

Kunjungan Kerja Petugas Jumantik Johar Baru Ke Perum PNRI

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit menular yang masih menjadi masalah kesehatan utama di Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta. Sebagai bentuk penganggulangan terhadap DBD, yang merupakan salah satu Instruksi Gubernur Ibu Kota DKI Jakarta No. 6 Tahun 2007, tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Penyakit Demam Berdarah Dengue di lingkungan Pemerintahan Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, Kelurahan Johar Baru membentuk Petugas Pemantau Jentik (JUMANTIK), dimana salah satu tugasnya melaksanakan kegiatan pemberantasan nyamuk di sekitar rumah/sekolah/perkantoran.

Pada Jum’at tanggal 26 April 2019, Petugas JUMANTIK melakukan pengecekan ke seluruh tempat di Lingkungan Perum Percetakan Negara RI yang berpotensi menimbulkan jentik-jentik atau tempat berkembang biaknya nyamuk Aides Aegypti. Dari Perum PNRI turut mendampingi pula Staf Kesehatan, Keselamatan, Kerja (K3), Supriyanto, Asisten Manajer Rumah Tangga & K3, Surya Jaya, dan Koordinator Cleaning Service, Sugiharto.

Petugas JUMANTIK yang berjumlah 12 orang dalam pelaksanaan pengecekan membuat kelompok yang bertugas di masing-masing lokasi, diantaranya di sekitar lingkungan luar, sekitar ruang produksi dan sekitar ruang administrasi termasuk setiap kamar mandi khususnya yang berpotensi menimbulkan penyakit DBD.