HomePublikasiBeritaPelatihan Kearsipan Perum PNRI

Pelatihan Kearsipan Perum PNRI

Jakarta, 2 Maret 2019, Kearsipan secara umum adalah suatu proses pengaturan dan penyimpanan bahan-bahan atau warkat secara sistematis, sehingga bahan-bahan tersebut dapat dicari dengan cepat atau diketahui tempatnya setiap diperlukan

Dalam rangka meningkatkan kualitas kearsipan di Perum Percetakan Negara RI, melalui Unit Transformasi Sumber Daya, Perum PNRI bekerjasama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia untuk melakukan in house training selama satu hari penuh di Perum PNRI. Sebagaimana diketahui kearsipan di sebuah Instansi Pemerintah maupun Swasta sangat penting sekali guna menjaga dokumen-dokumen instansi/perusahaan.

Definisi kearsipan lainnya adalah pengelolaan catatan rekaman kegiatan atau sumber informasi yang memiliki nilai kegunaan dengan teratur dan terencana baik itu arsip yang dibuat maupun diterima, agar mudah ditemukan kembali jika diperlukan.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh jajaran Direksi Perum PNRI beserta para General Manager dan juga perwakilan dari masing - masing unit kerja yang menangani surat menyurat/kearsipan. Kegiatan ini dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama yaitu pemaparan materi mengenai kearsipan mulai dari pengantar, penyelenggara kearsipan, lingkup penyusutan arsipsanksi dll, oleh Direktur Kearsipan, Azmi dilanjutkan sesi kedua bimbingan teknis rubrikasi, pengkategorian arsip, dsb oleh Arsiparis Madya ANRI, Supranti.

Mengingat Perum PNRI adalah Badan Usaha Milik Negara tentunya terdapat dokumen-dokumen negara yang sangat penting, sehingga dengan adanya pelatihan ini, diharapkan dapat memberikan manfaat positif bagi Perum PNRI untuk lebih meningkatkan kembali kualitas kearsipannya.