HomePublikasiBeritaProgram ‘BUMN Hadir Untuk Negeri: Sambung Listrik Gratis Bagi Keluarga Tidak Mampu’ di Bogor

Program ‘BUMN Hadir Untuk Negeri: Sambung Listrik Gratis Bagi Keluarga Tidak Mampu’ di Bogor

Presiden Joko Widodo meninjau Program ‘BUMN Hadir Untuk Negeri: Sambung Listrik Gratis Bagi Keluarga Tidak Mampu’ di Bogor pada hari minggu 02 Desember 2018. Lokasi pemasangan tepatnya berada di pemukiman warga Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.
Dalam kesempatan tersebut, Presiden secara simbolis mengaktifkan aliran listrik ke rumah warga yang dibantu program dengan menekan tombol miniature circuit breaker (MCB).

Selama ini banyak warga yang merasa kesulitan untuk melakukan penyambungan listrik mandiri secara resmi melalui PLN. Untuk memenuhi kebutuhan penerangan sehari-hari, ratusan rumah melakukan penyambungan listrik ke instalasi tetangga sekitar yang telah memiliki sambungan listrik. Biaya penyambungan standar merupakan kendala utama yang mereka hadapi.

Melihat kondisi tersebut, 34 BUMN sepakat untuk bersinergi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya dengan memberikan fasilitas penyambungan listrik secara gratis bagi masyarakat prasejahtera.

Direksi BUMN turut hadir pada kunjungan presiden tersebut, diantaranya Direktur Utama Perum Percetakan Negara RI, Djakfarudin Junus. Perum Percetakan Negara RI terlibat dalam hal penyediaan barang berupa acrylic dan sertifkat, dimana nantinya setiap warga yang mendapatkan Program dimaksud, akan diberikan sertifikat dan setiap rumahnya akan dipasang tanda/plakat yang terbuat dari acrylic yang sudah tertempel sticker Logo masing-masing BUMN terkait.

Melalui program ini diharapkan listrik dapat menyasar rumah tangga di seluruh provinsi di Indonesia. Seperti disampaikan Presiden bahwa negara akan berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat yang belum memiliki sambungan listrik tetap yang layak.