HomePublikasiBeritaFACTORY VISIT DAI NIPPON PRINTING (DNP) INDONESIA KE PERUM PERCETAKAN NEGARA RI

FACTORY VISIT DAI NIPPON PRINTING (DNP) INDONESIA KE PERUM PERCETAKAN NEGARA RI

 

Kamis, 29 November 2018 Perum PNRI menerima kunjungan dari Perusahaan Dai Nippon Printing (DNP) Indonesia. Perusahaan ini merupakan perusahaan percetakan dengan kapasitas produksi 90% Flexible Packaging dan 10% Off Set.

Berlokasi di Pulogadung, Jakarta dan Karawang dengan beberapa sertifikasi, seperti ISO 9001, 2000, SVLK, export-impor, keamanan, kesehatan, dan sebagainya dengan fokus produksi perusahaan di bidang Premium Packaging, dengan contoh produk kemasan Kratingdeng dan UC1000.

Dalam perkenalannya, DNP menyatakan bahwa di tahun 2019 DNP akan memiliki kenaikan order dengan lot 10-20%, untuk kebutuhan berinvestasi mesin, khususnya di Surabaya akan membutuhkan biaya (cost) yang cukup tinggi, sehingga DNP berencana mencari partner bisnis sebagai Long Term Sub-Con untuk dapat tumbuh bersama.

Adapun spesifikasi perusahaan yang dibutuhkan DNP yaitu memiliki mesin cetak enam warna, finishing hybrid, metalizing paper dan pencetakan kertas transparan (plastik).

Perum PNRI sendiri dalam dua tahun terakhir ini sedang mencari aliansi strategis dalam melakukan pengembangan lini bisnis di luar percetakan, seperti Packaging, Smartcard, dan bisnis Digital (Digital Printing, Inventory Machine, Parking Machine, RFID dan sebagainya). Fasilitas utama pabrik yang dimiliki Perum PNRI, yaitu:
• Packaging
• Smart Card
• Off Set

Pada kesempatan tersebut, Perum PNRI memperkenalkan asetnya kepada DNP melalui kegiatan kunjungan pabrik, melihat mesin Een Steel/Packaging, Security Printing, dan Smart Card.

Perum PNRI berharap kebutuhan market BUMN juga dapat dikerjasamakan melalui kerjasama Co-research dengan DNP dan sebelum masuk ke project tahun depan, DNP juga berharap adanya trial produksi, sehingga diharapkan produksi dapat berjalan maksimal di tahun 2019.

Adapun beberapa alternatif skema bisnis yang ditawarkan Perum PNRI bagi aliansi, yaitu: Sub Con/Sub Order, Co-Marketing, Trading/Inventory Coorporation, dan Machine Inventory.