HomePublikasiBerita3rd FHCI MILLENNIALS MEET UP: “Expanding Cargo & Lifestyle Business in Industry 4.0”

3rd FHCI MILLENNIALS MEET UP: “Expanding Cargo & Lifestyle Business in Industry 4.0”

 

3rd FHCI MILLENNIALS MEET UP:
“Expanding Cargo & Lifestyle Business in Industry 4.0”

Pada tanggal 16 November 2018 berlokasi di Salon Dek 6, Kapal KM Kelud Pelabuhan Tj. Priok, Jakarta telah dilaksanakan kegiatan Meet Up atau pertemuan yang ketiga antara generasi Millennials BUMN. Kegiatan yang dikoordinir oleh Kementerian BUMN, FHCI (Forum Human Capital Indonesia), FHCI Millennials dan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) ini menggagas tema “Expanding Cargo & Lifestyle Business in Industry 4.0”. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan wawasan Millennials BUMN dalam menghadapi era Industri 4.0 serta mensosialisasikan struktur organisasi dan program kerja Millennials di BUMN.

Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan Millennials dari seluruh BUMN ini diawali dengan kegiatan Tour Kapal KM Kelud milik PT Pelni. KM Kelud merupakan jenis kapal penumpang yang berusia lebih dari 20 tahun dan melayani rute Tanjung Priok, Batam, Tanjung Balai, dan Belawan. Kapal ini memiliki tujuh lantai dengan kapasitas penumpang hingga 2.600-3.300 pax yang terbagi ke dalam kelas I, II dan ekonomi.

Kapal ini juga dilengkapi berbagai fasilitas lengkap seperti bedroom, sarana olahraga, meeting room, ballroom, masjid, klinik, bioskop, karaoke dan sebagainya. Para peserta juga diajak berkunjung ke ruang kemudi serta berkesempatan untuk memperoleh seputar ilmu pelayaran dibimbing oleh kapten kapal dan awak kapal yang ahli di bidangnya.

Pada sesi selanjutnya para peserta memperoleh materi Expanding Cargo & Lifestyle Business in Industry 4.0 oleh Direktur Utama PT Pelni (Persero), Bpk Insan Purwarisya L. Tobing. Dijelaskan bahwa Industri 4.0 mendorong perusahaan untuk mengubah cara beroperasi dan beradaptasi dengan dunia yang cepat berubah. Beberapa kegiatan yang telah dilakukan PT Pelni dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0, yaitu:
1. Optimasi produktivitas kapal penumpang melalui kegiatan lifestyle business;
2. Digitalisasi proses bisnis;
3. Optimasi tata kelola bisnis melalui operational excellence; serta
4. Transformasi budaya, tata nilai, dan perilaku yang selaras dengan strategi bisnis

Di sesi terakhir, para peserta diberi pengarahan dan sosialisasi terkait Pembahasan Program Pengembangan Pegawai Millennials BUMN oleh FHCI. Generasi Millennials dianggap memiliki usia dan pemahaman yang produktif dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0, sehingga peningkatan skill dan keterlibatan dalam pengambilan keputusan penting perusahaan akan menjadikan Millennials sebagai Agent of Change Transformasi Organisasi.

Pembentukan organisasi tersebut juga diperkuat dengan adanya Surat Edaran KBUMN No SE-08/MBU/11/2018 mengenai Pembentukan Wadah/Perkumpulan Bagi Generasi Milenial di Badan Usaha Milik Negara. Sinergi dan sinkornisasi antara program Millennials dengan lini bisnis perusahaan, serta endorsement dari setiap atasan akan mampu mempercepat terealisasinya program-program Millennials di lingkungan BUMN.