HomePublikasiBeritaTelkom Corporate University PLUGGEDIN CORPU INDONESIA

Telkom Corporate University PLUGGEDIN CORPU INDONESIA

Pada tanggal 15 November 2018 beberapa karyawan Perum Percetakan Negara RI menghadiri acara Pluggedin yang diselenggarakan oleh Telkom University, Bandung.

Pada kesempatan sosialisasi salah satu Program Kementrian BUMN tersebut, Bapak Hambra, Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis KBUMN menyampaikan bahwa Pluggedin Corpu Indonesia bertujuan untuk membentuk BUMN Corporate University yang merupakan gabungan dari seluruh BUMN di seluruh Republik Indonesia, yang nantinya program pembelajaran di Corpu tersebut akan diisi oleh seluruh BUMN yang unggul di bidangnya masing-masing. Dengan demikian, BUMN tidak perlu lagi mencari penyedia layanan training dari luar BUMN karena sudah disediakan oleh BUMN Corporate University.

Namun untuk menghadirkan BUMN Corporate University tidaklah mudah, karena sebelum Corpu tersebut berdiri, setiap BUMN harus memiliki Sistem Informasi dan Learning Program yang terintegrasi. Oleh karena itu, Telkom diwakili Divisi Pengembangan Karir dan Divisi Sistem Informasi dan Aplikasi memperkenalkan berbagai jenis aplikasi dan software yang dapat membantu mengintegrasikan Sistem Informasi di setiap BUMN. Selain itu, Deputi juga mengingatkan peran dari generasi Millennials yang dalam beberapa tahun ke depan jumlahnya akan mendominasi hampir seluruh perusahaan BUMN. Beliau memberikan sharing dan masukan bagaimana cara berinteraksi dengan generasi tersebut sehingga dapat mendorong mereka untuk lebih berinovasi di era Revolusi Industri 4.0, di antaranya membuang sistem pelatihan yang lama (sistem kelas), serta beralih ke sistem pelatihan mobile yang dapat diakses dimana dan kapan saja, melalui aplikasi berbasis Android, IOS dan Desktop.

Dengan demikian, seluruh karyawan Millennials dapat menjalankan pelatihan dimana saja, kapan saja atau bahkan sambil bersantai di Café, di rumah atau berlibur di luar kota. Dan data hasil rekam jejak pelatihan dan nilai dari pelatihan karyawan tersebut dapat diakses oleh Divisi SDM maupun atasan mereka masing-masing.