HomePublikasiBeritaRapat Koordinasi Cabang dan Divisi Pemasaran Perum PNRI Tahun 2018

Rapat Koordinasi Cabang dan Divisi Pemasaran Perum PNRI Tahun 2018

 Untuk lebih memantapkan gerak langkah Perum Percetakan Negara RI dalam pengembangan bisnis perusahaan, tentunya perlu dilakukan koordinasi antara pusat dan cabang.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya Perum Percetakan Negara RI mengadakan Rapat Koordinasi Cabang (RAKORCAB), khusus bidang pemasaran 2018 dan Penyusunan Pra RKAP Tahun 2019.

Rapat Koordinasi Cabang (RAKORCAB) kali ini mengambil tema “Persiapan Perum PNRI Dalam Rangka Memasuki Era Paperless”.Rapat Koordinasi Cabang kali ini berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 14 s.d. 16 Oktober 2018 bertempat di Wisma G’Fika Tugu Puncak, Cisarua-Bogor.

Hari pertama pelaksanaan Rapat Koordinasi Cabang dibuka oleh Direktur Pemasaran, Umum dan SDM, Bapak Waluyo Pujianto, mewakili Direksi, dilanjutkan dengan arahan direksi yang intinya ada beberapa hal :
1. Dunia percetakan tidak akan pernah mati, meskipun penggunaan kertas makin sedikit.
2. Insan PNRI harus berani berfikir “Think Out Of The Box”.
3. Berani melakukan terobosan/inovasi, tidak terpaku pada apa yang akan kita pasarkan.
4. Direktur Pemasaran, Umum dan SDM meminta GM.Pemasaran dan Operasional Cabang (Kusdary) menggali potensi yang ada di Perum PNRI Cabang (selain cetakan).

Diakhir pengarahannya Direktur Pemasaran, Umum dan SDM meminta para Kepala Perum PNRI Cabang untuk tidak menyerah pada keadaaan dan terus melakukan yang terbaik bagi perusahaan.

Selain Arahan Direksi, acara RAKORCAB juga diisi dengan mengundang tamu dari PT. Media Grafika dan PT. Renjana Abiyasa untuk mempresentasikan produk-produknya. PT. Media Grafika adalah salah satu supplier tinta merk Huber Inks, dalam presentasinya PT. Media Grafika yang diwakili oleh Ibu Susan menjelaskan berbagai produk yang dihasilkan oleh PT. Media Grafika dan berbagai macam keunggulannya.

Selain memasarkan produknya PT. Media Grafika juga menawarkan kerjasama/sebagai mitra bisnis selain sebagai pembeli.

Sedangkan PT. Renjana Abiyasa memberikan presentasi perihal aplikasi kurikulum tiga belas (KURTILAS). Presentasi disampaikan oleh sdr. M. Ridwan Meuraksa mewakili PT. Renjana Abiyasa. Pihak PT. Renjana Abiyasa menawarkan produk aplikasi “Indonesia Learning” dan “Garuda Learning System” dengan berbagai macam kelebihan, selain itu pihak PT. Renjana Abiyasa juga menawarkan kerjasama kepada Perum PNRI berupa Pemasaran Produk PT. Renjana Abiyasa.

Setelah pemaparan dari pihak PT. Media Grafika dan PT. Renjana Abiyasa, acara dilanjutkan dengan presentasi dari unit PKBL yang diwakili oleh Ass. Manager PKBL, Ibu Sisca W perihal Produk Al Qur’an dan pengembangan bisnisnya.

Program yang ditawarkan oleh unit PKBL adalah “Membumikan Kitab Suci di Nusantara”, setelah program sebelumnya “Beli satu Wakaf Satu”, semoga program ini dapat berjalan dengan sukses.

Inti dari Rapat Koordinasi Cabang ini adalah presentasi dari General Manager Pemasaran dan Operasional Cabang, Bpk. Kusdary F. Ridho perihal Business Opportunity/Peluang Bisnis ditahun 2019. Dalam paparannya GM. Pemasaran dan Operasional Cabang menitikberatkan pada 4 hal utama, yaitu :
1. Seorang sales tidak lagi berfikir sebagai penjual kebutuhan tapi harus berfikir sebagai pencipta kebutuhan;
2. Seorang sales harus jeli membaca dan melihat peluang;
3. Seorang pemimpin harus berani ambil keputusan, dan siap menghadapi pro dan kontra dari keputusannya;
4. Dalam tim sudah tidak ada lagi ego pribadi, semua keputusan, tindakan dan risiko atas nama tim.

Dari pelaksanaan Rapat Koordinasi Cabang dan Divisi Pemasaran Tahun 2018 dan Penyusunan Pra RKAP 2019 selama 3 hari ini diharapkan bisa mendapatkan hasil sesuai dengan target yang ditentukan, Amiiiinnn……..