HomePublikasiBeritaKoleksi Lokananta dipamerkan di Paviliun Indonesia

Koleksi Lokananta dipamerkan di Paviliun Indonesia

 

Nusa Dua (ANTARA News) - Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI) menampilkan box set berisi CD koleksi lagu-lagu Lokananta di pameran Paviliun Indonesia selama gelaran pertemuan IMF-WB berlangsung pada 8 hingga 14 Oktober 2018.

"Box set CD Lokananta Songs Collection merupakan sebuah koleksi empat album yang khusus dipersembahkan oleh Studio Lokananta Solo untuk mengisi acara IMF - World Bank Group Annual Meeting di Nusa Dua Bali," Direktur Keungan dan Produksi PNRI Satrijo Sigit Wirjawan saat dihubungi Antara pada Sabtu (13/10).

Box set terdiri dari empat album yaitu album Gending Bali, Karawitan Jawa, Bingkisan Dari Tanah Air, serta album Asian Games.

"Semua lagu dalam album-album tersebut mencerminkan keragaman musik Nusantara dan tradisional Indonesia yang sangat unik, klasik, dan berharga untuk di koleksi," katanya.

Album Gending Bali berisi lagu-lagu tradisional Bali yang biasa diperdengarkan saat penyambutan tamu-tamu agung.

Sementara album Karawitan Jawa lebih mengenalkan harmonisasi suara gamelan yang merupakan kelompok alat musik tradisional Jawa.

Sedangkan album Bingkisan dari Tanah Air adalah kumpulan lagu-lagu dari berbagai daerah di Indonesia yang sering diperdengarkan saat acara-acara kenegaraan.

"Kalau album lagu-lagu Asian Games adalah kumpulan lagu yang pernah dibagikan sebagai bingkisan buat para atlet peserta Asian Games tahun 1962 di Jakarta Indonesia," kata Sigit.

Baca juga: Cara Soekarno populerkan lagu Indonesia di Asian Games 1962

Sigit mengatakan perhelatan IMF yang dihadiri 189 negara dan 36.000 peserta merupakan kesempatan yang sangat berharga bagi Perum PNRI, yang dalam hal diwakili oleh unit bisnisnya Lokananta.

"Ini kesempatan untuk memperkenalkan dan memperdengarkan kembali lagu-lagu klasik Indonesia ke seluruh dunia sehingga negara lain dapat menghargai kekayaan seni budaya musik Indonesia yang sangat beragam," pungkasnya.

Satu perangkat CD Lokananta dijual seharga Rp1.300.000.

https://www.antaranews.com/berita/758326/koleksi-lokananta-dipamerkan-di-paviliun-indonesia