HomePublikasiBeritaPerum PNRI Untuk ASIAN GAMES 2018

Perum PNRI Untuk ASIAN GAMES 2018

Momen yang ditunggu akhirnya telah tiba juga, Perum Percetakan Negara Republik Indonesia kembali mempersembahkan sumbangsihnya di Ajang Asian Games. Pada Selasa 27 Agustus 2018 telah berlangsung penyerahan souvenir secara resmi dari Perum Percetakan Negara Republik Indonesia yang diserahkan secara langsung oleh Direktur Utamanya, Djakfarudin Junus kepada perwakilan Deputi 1 INASGOC Bapak Nur Ali. Souvenir yang diberikan adalah lagu-lagu asli Indonesia dalam kemasan CD yang dibagikan kepada seluruh kontingen Asian Games 2018.

Kepingan CD tersebut dibuat menyerupai piringan hitam cenderamata Asian Games 1962. Hanya saja ada perbedaan pada covernya yang lebih kekinian dengan menampilkan logo Asian Games 2018 berlatar warna putih. Saat ini Perum Percetakan Negara Republik Indonesia bekerja sama dengan panitia penyelenggara Asian Games 2018 atau INASGOC mulai mendistribusikan CD yang berisi lagu-lagu asli Indonesia. Tidak hanya untuk atlet dari 45 negara, souvenir tersebut juga dibagikan kepada official dari negara peserta kejuaraan olahraga terbesar di Asia ini.
Apa yang dilakukan oleh Perum Percetakan Negara Republik Indonesia adalah sebuah panggilan sejarah.

Karena pada tahun 1962 saat Indonesia pertama kali menjadi tuan rumah Ajang ASIAN GAMES, Lokananta saat itu mempersembahkan 4 seri Piringan Hitam size 10 inci yang berisi kompilasi lagu-lagu Indonesia. Saat ini Lokananta yang memang memegang hak cipta lagu-lagu tersebut membutuhkan waktu tiga bulan, atau sejak Mei untuk me-remake dalam bentuk CD tersebut.

Perhelatan Asian Games 2018 merupakan hajatan besar yang untuk datang lagi ke Indonesia membutuhkan waktu lama. Untuk menjadi tuan rumahpun bahkan harus menunggu 56 tahun. Perum Percetakan Negara Republik Indonesia sebagai Badan Usaha Milik Negara sangat tertantang untuk berperan di Asian Games 2018 ini.
Sementara itu perwakilan Deputi 1 INASGOC Bapak Nur Ali mengaku sangat mengapresiasi peran dari Perum Percetakan Negara RepubIik Indonesia. Menurut dia, apa yang dilakukan merupakan cara lain untuk lebih mengenal Indonesia. Sebagai tuan rumah, Indonesia memang dituntut untuk bekerja secara maksimal.

"Kami sudah bergerak. Kemarin kami sudah memberikan souvenir ini kepada perwakilan kontingen Indonesia. Respon mereka sangat bagus," katanya di sela penyerahan souvenir secara resmi dari Perum Percetakan Negara Republik Indonesia ke INASGOC.

Diharapkan dengan adanya souvenir lagu-lagu Indonesia ini para peserta Asian Games lebih mengenal lagi Indonesia termasuk budaya serta keberagaman lagunya dan membuat Perum Percetakan Negara Republik Indonesia lebih dikenal di Dunia Internasional.