HomePublikasiBeritaProgram Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD) 2018

Program Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD) 2018

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno mengapresiasi peran perusahaan negara dalam membantu mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui penyediaan kebutuhan-kebutuhan dasar mulai dari kebutuhan sandang, pangan, hingga papan.

Hal tersebut disampaikan Rini ketika meninjau tujuh lokasi pemberian bantuan Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD) yang merupakan bagian dari Program BUMN Hadir untuk Negeri 2018 (BHUN 2018) di wilayah DKI Jakarta, pada Sabtu 18 Agustus 2018. Rini M. Sumarno hadir bersama Direksi yang terkait dengan program ini secara langsung diantaranya Direktur Umum Percetakan Negara Republik Indonesia, Djakfarudin Junus.

Khusus untuk di wilayah DKI Jakarta, program PKD dilaksanakan oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai koordinator dan PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN), Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI), dan PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) sebagai BUMN pendamping.

Program Pemberdayaan Masyarakat/Komunitas dilakukan di Petojo Selatan Jakarta Pusat dalam Program Pembangunan Rumah Karyawan BUMN dan Masyarakat, lalu Rumah Kreatif BUMN (RKB) Tanah Abang, Lokasi Program Penyediaan Sarana Air Bersih dan Pembangunan Sarana MCK di Cilincing, Lokasi Program Perbaikan, Penyediaan Sarana Prasarana Sekolah Penyediaan Rumah/Taman Baca dan Beasiswa di SD Al Rahmah Cilincing, Lokasi Program Pasar Murah di Kantor Telkom STO Pulo Gebang, dan Lokasi Pembangunan Sarana Prasarana Umum dan Padat Karya Tunai di Tanjung Barat Gintung.

Dalam Program ini Perum Percetakan Negara Republik Indonesia memberikan bantuan perlengkapan kebersihan MCK di Cilincing, Jakarta Utara dan 50 paket sembako dalam kegiatan pasar murah di STO Pulo Gebang.
Kementerian BUMN dan BUMN sebagai bagian dari masyarakat bernegara, telah melaksanakan program “BUMN Hadir untuk Negeri” secara berkesinambungan sejak tahun 2015. Konsistensi ini menunjukkan bahwa negara hadir di tengah-tengah masyarakat secara langsung melalui kehadiran BUMN di provinsi-provinsi.

Program ini memiliki tujuan membangun pemahaman para pemangku kepentingan (stakeholders) mengenai peran Kementerian BUMN dan BUMN sebagai Agen Pembangunan (Agent of Development) untuk turut serta Membangun Kapasitas Nasional (National Capacity Building).