HomePublikasiBeritaSIAP HADAPI ERA TEKNOLOGI DI PASAR INTERNASIONAL, PERUM PNRI MELAKUKAN PENANDATANGANAN MOU DENGAN CSI DAN KICA MENGENAI “ELECTRONIC CERTIFICATE MANAGEMENT”

SIAP HADAPI ERA TEKNOLOGI DI PASAR INTERNASIONAL, PERUM PNRI MELAKUKAN PENANDATANGANAN MOU DENGAN CSI DAN KICA MENGENAI “ELECTRONIC CERTIFICATE MANAGEMENT”

Dalam rangka menghadapi persaingan di pasar global, Selasa, 14 Agustus 2018 pukul 14.00 berlokasi di Ruang Rapat Direksi, telah dilaksanakan pendatanganan MoU antara Perum Percetakan Negara RI dengan CSI (Corea System Indonesia) dan KICA (Korea Information Certificate Authority) mengenai Kerjasama Penyelenggaraan “Electronic Certificate Management” atau Sertifikasi Elektronik yang dihadiri oleh para Direksi dan jajaran Pimpinan dari masing-masing perusahaan tersebut.

Produk yang ditawarkan berupa aplikasi berbasis verifikasi data resmi dokumen Negara. Melalui aplikasi tersebut user dapat melakukan otentifikasi dan verifikasi tentang keabsahan suatu data atau dokumen yang dibutuhkan. Aplikasi ini dapat digunakan pada berbagai jenis dokumen, seperti: Dokumen dan surat pertanahan, faktur kendaraan, aturan resmi pemerintah, kebijakan pemerintah, dan sebagainya.

Selain sebagai pengembangan dan diversifikasi produk di bidang teknologi informasi, kerjasama antara Perum PNRI dengan CSI dan KICA ini juga bertujuan untuk membantu masyarakat dalam memberikan rujukan otentifikasi secara resmi terkait data dan informasi yang beredar di masyarakat.

Kerjasama ini tidak hanya dalam jangka pendek karena CSI dan KICA siap membantu Perum Percetakan Negara RI dalam hal pelatihan/pengoperasian, perawatan, dan pengembangan di masa mendatang. Direncanakan pengembangan aplikasi tersebut ditargetkan rampung sebelum akhir tahun 2018, sehingga dapat segera diluncurkan ke masyarakat luas. Dengan demikian, diharapkan Indonesia dapat mengejar ketertinggalan dari Negara lain dalam bidang teknologi informasi.

https://www.antaranews.com/berita/736979/perum-percetakan-negara-kembangkan-aplikasi-verifikasi-data