HomePublikasiBeritaSeleksi Peserta Siswa Mengenal Nusantara 2018 Provinsi DKI Jakarta

Seleksi Peserta Siswa Mengenal Nusantara 2018 Provinsi DKI Jakarta

Perum Percetakan Negara Republik Indonesia  bersama, PT Telkom Indonesia, PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero) dan PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (Persero) menjadi pelaksana kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Provinsi DKI Jakarta. Seleksi peserta program Siswa Mengenal Nusantara dibawah Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta telah berlangsung pada hari senin tanggal 23 juli 2018.

Acara seleksi yang diselenggarakan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 27, Jakarta Pusat, dihadiri oleh 36 siswa-siswi serta guru pendamping dari 16 sekolah yang berada di seluruh Kabupaten/Kota di Jakarta. Acara yang dipandu oleh Saudari Shabrina Denisa, diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Bapak Juneth selaku SGM PT Telkom dan Bapak Syaifulloh selaku Kabid SMA, SMK Dinas Pendidikan Jakarta.

Para peserta yang hadir diberikan test secara tertulis, essay dan wawancara. Sambil menunggu peserta dipanggil untuk proses wawancara, setiap BUMN yang menjadi pelaksana memberikan sosialisasi pengenalan mengenai perusahaannya masing- masing. Dari Perum Percetakan Negara Republik Indonesia sendiri diwakili oleh Bapak Suyatin selaku Sekretaris Perusahaan.

Sambil menunggu hasil pengumuman dari para penilai seleksi Siswa Mengenal Nusantara 2018 Provinsi DKI Jakarta, para peserta dihibur dengan games yang diberikan oleh Bapak Narutama dari PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung dan Ibu Siska dari Perum Percetakan Negara Republik Indonesia. 

Akhirnya dari jumlah 36 peserta yang telah mengikuti seleksi, terpilihlah 20 siswa-siswi dari 16 sekolah yang akan mewakili DKI Jakarta. Seleksi Peserta Siswa Mengenal Nusantara 2018 Jakarta ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri. Selanjutnya para siswa-siswi yang telah terpilih sebelum diberangkatkan ke Kalimantan Utara akan diberikan pembekalan oleh Tim Pelaksana.

Siswa Mengenal Nusantara memang diinisiasi untuk mengenalkan beragam wilayah dan budaya Indonesia. Para pelaksana mengirimkan siswa-siswi Jakarta dengan harapan mereka nantinya dapat menjadi calon pemimpin Indonesia yang bisa mengenal berbagai budaya secara langsung. Lewat program ini pula, dimaksudkan para siswa-siswi bisa tumbuh untuk saling menghargai perbedaan masing-masing, serta mampu menjaga dan melestarikan kebudayaan bangsa tercinta sekaligus terus memajukan peradaban bangsa.