HomePublikasiBeritaPelaksanaan Assessment Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) di Perum PNRI

Pelaksanaan Assessment Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) di Perum PNRI

Dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja Perusahaan, Perum Percetakan Negara Republik Indonesia melaksanakan Assessment Implementasi Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU)  pada tanggal 8 Januari sampai dengan 12 Januari 2018. Pembukaan pelaksanaan assessment KPKU dihadiri dan dibuka oleh Direktur Utama Perum Percetakan Negara Republik Indonesia Bapak Djakfarudin Junus. Dalam arahannya, Direktur Utama Perum Percetakan Negara Republik Indonesia Bapak Djakfarudin Junus menyambut hangat atas dilakukannya penilaian KPKU ini dan akan kooperatif dengan Tim Assesor.  

Dalam pelaksanaan assessment KPKU di Perum Percetakan Negara Republik Indonesia, Tim Assesor melakukan beberapa tahapan yaitu :

- Observasi dokumen perusahaan, selama dua hari
- Opening Meeting, selama satu hari
- Site visit dan interview
- Pelaksanaan assessment
- Closing meeting
- Membuat laporan    

Penerapan KPKU dilatarbelakangi oleh tuntutan kepada BUMN untuk mampu meningkatkan daya saing sekaligus siap menghadapi era pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN. Dengan berpedoman pada KPKU, maka setiap BUMN dapat menilai semua elemen di perusahaan tersebut yang berpengaruh pada pengelolaan perusahaan, peningkatan proses, dan peningkatan hasil.

Nilai dari KPKU merupakan salah satu Key Performance Indicator (KPI) perusahaan, untuk itu perlu dilakukan evaluasi terhadap hasil penerapannya. Dengan adanya assessment KPKU ini diharapkan bisa memberikan masukan-masukan dalam pengelolaan perusahaan sesuai dengan praktek-praktek yang terbaik untuk mencapai kinerja yang unggul. Serta dapat merancang keunggulan kinerja organisasi, mendiagnosa sistem manajemen kinerja secara keseluruhan, menilai upaya perbaikan kinerja, mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan organisasi.