HomePublikasiBeritaRakor Kementerian BUMN Bengkulu
Gedung Kantor Perum PNRI Tempo Dulu

Rakor Kementerian BUMN Bengkulu

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) yang berlangsung selama dua hari di Kota Bengkulu terhitung dari tanggal 22 sampai dengan 23 November 2017, kegiatan ini juga bersamaan dengan penyelenggaraan peringatan HUT bersama BUMN yang dilakukan secara berskala. Sebagai pemimpin rakor, Menteri BUMN Rini Soemarno mengevaluasi kinerja 134 Direktur Utama seluruh BUMN serta 30 pejabat kementerian eselon I dan II yang hadir dalam rakor tersebut. Adapun Tujuan pelaksanaan rakor BUMN kali ini adalah yang pertama dalam rangka sinkronisasi peran BUMN-BUMN sebagai agen pembangunan untuk meningkatkan kontribusi BUMN pada pembangunan dan pemerataan kesejahteraan. Kedua, berupaya memperkuat kolaborasi antar-BUMN dan menyelesaikan hambatan-hambatan dalam rangka optimalisasi kinerja BUMN. Ketiga, mensosialisasikan kebijakan-kebijakan strategis pemerintah yang membutuhkan dukungan BUMN secara berkelanjutan

Sebagai salah satu perusahaan plat merah, yang melaksanakan kegiatan usaha pencetakan dokumen negara, kartu ATM, kartu kredit/debit, smart card dengan standar sekuriti dan teknologi terkini serta usaha penerbitan, jasa grafika, multimedia dan solusi dokumen. Perum Percetakan Negara Republik Indonesia terus berinovasi, berupaya mengembangkan fasilitas serta infrastruktur yang memadai dan fokus mencapai target proyek 2018. Dalam jangka pendek BUMN perlu fokus pada beberapa hal, salah satunya pembinaan BUMN oleh kedeputian teknis sehingga lebih fokus sesuai dengan "end to end business" modelnya.Terkait dengan sinergi BUMN, Menteri Rini berupaya memperkuat kerja sama lintas BUMN bahkan lintas sektor sehingga memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat. Hal tersebut antara lain dapat dilakukan dengan kolaborasi antar-BUMN dalam rantai bisnis hulu-hilir dan menggarap kawasan ekonomi terpadu dengan melibatkan BUMN lintas sektor.

BUMN juga dituntut untuk lebih meningkatkan perannya selain sebagai "Agent of Development" dengan mengaskselerasi eksekusi program-program yang berdampak langsung kepada masyarakat. Dengan adanya rakor ini diharapkan dapat terus meningkatkan sinergi antar BUMN dan komunikasi antara jajaran pimpinan BUMN guna mempertajam leadership, memperkuat kolaborasi dan memperkaya wawasan.
 



 

Peraturan Pemerintah

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.72 Tahun 2012 Tentang Perum Percetakan Negara RI.

Selengkapnya