HomePublikasiBeritaSharing Pentingnya Pendekatan Hukum Dalam Operasional Perum PNRI
Gedung Kantor Perum PNRI Tempo Dulu

Sharing Pentingnya Pendekatan Hukum Dalam Operasional Perum PNRI

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang hukum khususnya di kalangan karyawan muda Perum PNRI yang tergabung dalam PNRI Youth Club, Sekretariat Perusahaan bekerjasama dengan PNRI Youth Club menyelenggarakan kegiatan sharing knowledge dengan tema “Pentingnya Pendekatan Hukum Dalam Operasional Perum Percetakan Negara Republik Indonesia”.   

Sharing knowledge yang diselenggarakan pada Jumat 3 November 2017 bertempat di Ruang Rapat Direksi diikuti oleh sebagian besar anggota PNRI Youth Club, dengan menghadirkan narasumber Bapak Harry Budiono selaku Koordinator Hukum dan Kepatuhan Perum Percetakan Negara Republik Indonesia, yang menjelaskan salah satu materinya tentang “dasar hukum keberadaan/eksistensi Perum Percetakan Negara Republik Indonesia”.   

Aspek legal bukan hanya sekedar mendirikan perusahaan atau izin usaha saja, melainkan melancarkan semua aktifitas bisnis, memperkuat pondasi bisnis untuk mempertahankan dan pengharapan atas keberlangsungan kegiatan bisnis, guna untuk menuju kesuksesan dalam bisnis.

Unit legal mengemban tugas dan tanggung jawab besar dalam sebuah perusahaan. Mereka bertanggung jawab untuk mengurus semua dokumen, perizinan, serta berbagai permasalahan hukum yang terjadi dalam perusahaan. Tanpa sebuah dokumen dan perizinan, perusahaan tidak akan mungkin dapat beroperasi, dan juga jika terjadi kasus atas permasalahan hukum, maka tentunya akan berdampak pada operasional perusahaan yang akan terganggu.

Aspek legal ini berperan sangatlah penting. Setiap bagian dari aktifitas dalam menjalankan dan menerapkan kegiatan roda bisnis dari urusan yang sederhana sampai dengan yang kompleks, itu merupakan urusan aspek legal. Dengan memperhatikan aspek hukum di dalam bisnis, tentu saja diharapkan juga terjadinya stabilitas sosial terutama yang terjadi sehari-harinya di dalam kehidupan perusahaan.

Sharing ini bertujuan agar para peserta yang hadir mampu memahami peran dan tugas seorang Legal dalam perusahaan dan dapat memberikan gambaran bagi berbagai pihak yang terlibat dalam kegiatan perusahaan untuk selalu berpijak pada setiap ketentuan yang telah disepakati bersama dan sah secara hukum. Sehingga, tidak akan ada yang dengan mudah menyimpang dari peraturan jika sebelumnya telah ditetapkan aspek hukum.

Peraturan Pemerintah

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.72 Tahun 2012 Tentang Perum Percetakan Negara RI.

Selengkapnya