HomePublikasiBeritaUpacara Hari Sumpah Pemuda
Gedung Kantor Perum PNRI Tempo Dulu

Upacara Hari Sumpah Pemuda

Tanggal 28 Oktober merupakan hari yang bersejarah bagi Bangsa Indonesia, karena di tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Keberadaan pemuda dalam perjuangan Bangsa Indonesia terlihat sangat jelas, dan dari semangat pemuda lahirlah proklamasi kemerdekaan. Melalui Kongres Pemuda maka tepat di tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda yang melahirkan tiga butir sumpah yaitu Pertama Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, Tanah Indonesia. Kedua: Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia. Ketiga: Kami Putra dan Putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan di hari Sumpah Pemuda, Perum Percetakan Negara Republik Indonesia melaksanakan kegiatan Upacara Bendera Hari Sumpah Pemuda. Direktur Utama Perum Percetakan Negara Republik Indonesia Djakfarudin Junus bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 89 tahun 2017, yang berlangsung di halaman gedung utama Perum Percetakan Negara Republik Indonesia yang berlangsung dengan khidmat.

Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ini, kita kembali merefleksikan tentang tekad para pemuda untuk mewujudkan Satu Bangsa, Satu Tanah Air, Satu Bahasa. Jangan sampai kita memperingati Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini hanya rutinitas dan gugur  kewajiban, sehingga kehilangan makna. Oleh karena itu untuk terus membangkitkan semangat para pemuda petugas upacara Hari Sumpah Pemuda yang dilaksanakan di Perum Percetakan Negara Republik Indonesia adalah anggota dari PNRI Youth Club. 

Kita harus memaknai kembali sesuai dengan semangat sekarang tanpa kehilangan nilai-nilai dari Sumpah Pemuda itu sendiri. Itulah sebabnya, kita harus melakukan refleksi ke belakang, sekaligus kita mengantisipasi ke depan sejarah perjalanan bangsa dalam menghadapi tantangan baru dengan semangat nilai-nilai Sumpah Pemuda, Proklamasi Kemerdekaan, Pancasila, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Sesuai namanya, Sumpah Pemuda dirumuskan oleh para pemuda, dimana pada momen ini kita bisa menjadikannya sebagai dasar untuk membangkitkan rasa Nasionalisme. Makna Sumpah Pemuda bagi generasi muda adalah untuk mengenang bagaimana semangat para pemuda dalam memperjuangkan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, Generasi Muda diminta untuk terus memegang kemurnian Sumpah Pemuda sebagai alat Pemersatu Bangsa.

Peraturan Pemerintah

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.72 Tahun 2012 Tentang Perum Percetakan Negara RI.

Selengkapnya