HomePublikasiBeritaKegiatan Pelatihan SMK3
Gedung Kantor Perum PNRI Tempo Dulu

Kegiatan Pelatihan SMK3

Di era globalisasi dan pasar bebas yang akan berlaku pada tahun 2020 mendatang, kesehatan dan keselamatan kerja merupakan salah satu prasyarat yang ditetapkan dalam hubungan ekonomi perdagangan barang dan jasa antar negara yang harus dipenuhi oleh seluruh negara termasuk bangsa Indonesia. Pelaksanaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) adalah salah satu bentuk upaya untuk menciptakan tempat kerja yang aman, sehat, bebas dari pencemaran lingkungan, sehingga dapat mengurangi dan atau bebas dari kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja yang pada akhirnya dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja.

Dalam rangka menciptakan lingkungan kerja yang aman Perum Percetakan Negara RI (Perum PNRI) pada tanggal 11 Oktober 2017 menyelenggarakan pelatihan/training Sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), Pelatihan/training yang diselenggarakan di gedung Eks Arsip AHU. Pelatihan/training yang diberikan oleh PT The Power dan dihadiri oleh seluruh anggota/tim K3 yang mewakili dari tiap-tiap Unit Kerja. Peserta pelatihan dapat memahami Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) sesuai Peraturan Pemerintah No. 50 tahun 2012, konsep K3 dan SMK3 dan bagaimana cara mengembangkan SMK3 di perusahaan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan sakit/penyakit akibat kerja. Keselamatan dan kesehatan kerja pada dasarnya mencari dan mengungkapkan kelemahan yang memungkinkan terjadinya kecelakaan. Fungsi ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu mengungkapkan sebab-akibat suatu kecelakaan dan meneliti apakah pengendalian secara cermat dilakukan atau tidak.

Semoga dengan diadakannya kegiatan pelatihan/training tersebut dapat meningkatkan kesadaran bagi seluruh Karyawan untuk sadar betapa pentingnya Sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja tersebut untuk dijalankan demi menciptakan tempat kerja yang aman, sehat, bebas dari pencemaran lingkungan, sehingga dapat mengurangi dan atau bebas dari kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja yang pada akhirnya dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja.




 

Peraturan Pemerintah

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.72 Tahun 2012 Tentang Perum Percetakan Negara RI.

Selengkapnya