HomePublikasiBeritaUPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA DI PERUM PNRI
Gedung Kantor Perum PNRI Tempo Dulu

UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA DI PERUM PNRI

Pancasila merupakan lambang negara Indonesia. Tak heran jika dalam perjalanan bangsa Indonesia tercatat berbagai peristiwa sejarah mengenai lambang negara Indonesia ini.Pancasila tidak hanya merupakan sumber peraturan perundang-undangan melainkan juga sebagai sumber moralitas terutama dalam hubungan dengan hukum, serta kebijakan dalam pelaksanaan dan penyelenggaraan negara. Selain Kelahiran Pancasila masyarakat Indonesia juga mengenal hari Kesaktian Pancasila.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila diselenggarakan setiap tahun sebagai bagian dari bentuk pengakuan atas keberhasilan Bangsa Indonesia mempertahankan Pancasila sebagai Ideologi Bangsa di era 1960-an. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dijadikan sebagai kesempatan untuk merefleksikan tentang pemaknaan nilai-nilai dan Kesaktian Pancasila itu sendiri. Pada tanggal 1 Oktober Rakyat Indonesia selalu memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan diadakannya upacara di berbagai instansi pemerintah.

Melihat pentingnya mengenang peristiwa tersebut, Perum PNRI melaksanakan kegiatan Upacara Hari Kesaktian Pancasila. Direktur Utama Perum Percetakan Negara Republik Indonesia Djakfarudin Junus bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2017, yang berlangsung di halaman parkir gedung utama Perum Percetakan Negara Republik Indonesia.

Upacara yang diisi dengan pembacaan Teks Pancasila, pembacaan Naskah Pembukaan UUD 1945 dan Pembacaan Naskah Doa, berlangsung dengan khidmat. Upacara dilaksanakan pada hari Senin 2 oktober 2017 yang juga  bertepatan dengan hari Batik Nasional, oleh karena itu seluruh peserta upacara mengenakan baju batik.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila sendiri sangatlah wajib kita ketahui agar sejarah yang telah terjadi tidak memudar. Selain itu tujuan memperingati hari bersejarah ini, agar kita tahu cara menghargai pejuang yang telah mempertahankan ideologinya untuk negara tercinta ini.

Di sisi lain, Hari Kesaktian Pancasila diperingati untuk menanamkan jiwa-jiwa nasionalisme dan menyampaikan tentang nilai- nilai luhur. Mungkin upacara untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila tidak sebanding dengan perjuangan para pejuang pada masa lalu. Namun dengan cara inilah kita dapat memelihara makna Kesaktian Pancasila agar tidak luntur.

Peraturan Pemerintah

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.72 Tahun 2012 Tentang Perum Percetakan Negara RI.

Selengkapnya