HomePublikasiBeritaKarya Inovasi Teknologi
Gedung Kantor Perum PNRI Tempo Dulu

Karya Inovasi Teknologi

Inovasi merupakan setiap ide atau pun gagasan baru yang belum pernah ada atau pun diterbitkan sebelumnya. Sebuah inovasi biasanya berisi terobosan-terobosan baru mengenai sebuah hal yang diteliti oleh sang inovator. Inovasi biasanya sengaja dibuat oleh sang inovator melalui berbagai macam aksi atau pun penelitian yang terencana.

Yah.. inovasi, mungkin kata inilah yang tepat untuk menggambarkan Bpk Yayat Hidayat Tapran. Melalui inovasi yang ia lakukan mampu membuat pekerjaan yang dilakukan karyawan Perum PNRI jadi lebih cepat dan mudah dilakukan. Gagasan yang dilakukan Bpk Tapran dapat diterima sebagai suatu hal yang baru oleh karyawan Perum PNRI khususnya di bagian produksi untuk diaplikasikan atau pun diadopsi.

“Folder and Gluer” mesin yang awalnya memiliki fungsi untuk melipat dan mengelem kini, kini menjadi multifungsi selain untuk melipat dan mengelem juga dapat menghasilkan sebuah inovasi yaitu sebagai mesin yang dapat mencetak numbering pada buku tabungan.

Berawal dari kunjungan kerjanya Bersama Direktur Keuangan dan Produkai Satrijo Sigit Wirjawan ke PT Citra Bali untuk melihat proses produksi dan mesin yang berada disana, munculah ide untuk membuat mesin Folder and Gluer ini menjadi multifungsi. Bpk Yayat Hidayat Tapran yang akrab dipanggil Bpk Tapran ini adalah Karyawan Senior Perum Percetakan Negara RI (Perum PNRI) yang memiliki banyak pengalaman di bidang Percetakan maupun pengelolaan mesin cetak. Meskipun telah menjadi karyawan senior Perum PNRI tidak mematahkan semangatnya untuk terus berinovasi untuk memajukan Perusahaan terutama pada bidang Percetakan dan pengelolaan mesin  cetak. 

Perum PNRI merupakan salah satu BUMN yang bergerak di bidang percetakan dan merupakan Perusahaan percetakan terbesar yang dimiliki oleh negara. Hingga kini Perum PNRI juga dipercaya oleh beberapa bank untuk mencetak Buku Tabungan. Melihat permintaan produksi buku tabungan yang besar tersebut, terfikirlah oleh Bpk Tapran untuk memanfaatkan teknologi dengan membuat Sebuah inovasi yang mampu mempercepat proses produksi pencetakan, baik pencetakan buku tabungan maupun pencetakan lainnya. Dengan menambahkan mesin video jet atau video jet printer pada mesin Folder and Gluer kini mesin tersebut tidak hanya berfungsi sebagai mesin lipat dan lem tetapi juga berfungsi untuk pemberian penomoran (numbering) pada buku tabungan dan proses pelipatan yang tentunya dapat mempercepat  proses produksi dan sekaligus dapat membuat citra yang baik bagi perusahaan dengan memberikan pelayanan terbaik dan tepat waktu.

“sebenarnya banyak mesin di Perum PNRI yang dapat dimodifikasi” tutur Bpk Tapran, namun ada beberapa mesin yang ia modifikasi dan ini masih memerlukan banyak pembelajaran sekaligus memerlukan fasilitas yang mendukung. 

Hingga saat ini Perum Percetakan Negara RI juga mempunyai banyak generasi muda yang kompeten dan mau bekerja keras untuk kepentingan perusahaan. Pemuda merupakan pemimpin bangsa di masa  depan, memiliki peran yang besar dalam memberikan pendapat atau pemikiran untuk menentukan arah yang terbaik untuk kemajuan perusahaan. Menurut Bpk Tapran, siapapun bisa berinovasi asalkan ada semangat, kemauan untuk memajukan Perusahaan  dan kerja keras. 

Dalam hal pemanfaatan mesin. Ini menjadi momentum yang baik untuk Perum PNRI, karena disaat kondisi persaingan bisnis yang semakin ketat,dengan inovasi yang telah dilakukan oleh Bpk Tapran sangat membantu dalam hasil produksi, dan tentunya ini membuat khususnya untuk karyawan muda Perum PNRI untuk terus bersemangat dan berkarya demi kemajuan Perusahaan .

Peraturan Pemerintah

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.72 Tahun 2012 Tentang Perum Percetakan Negara RI.

Selengkapnya