HomePublikasiBeritaKultum Ramadhan Perum PNRI
Gedung Kantor Perum PNRI Tempo Dulu

Kultum Ramadhan Perum PNRI

 

Pada tanggal 5 Juni 2017, kembali dilakukan kultum Ramadhan ba’da dzuhur di Mesjid Nurul Yakin Perum PNRI. Pada kultum kali ini, bertindak sebagai penceramah adalah  Ust. H. Hermansyah dalam pembukaannya menyampaikan bahwa Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan hikmah, selain itu, bulan Ramadhan juga adalah bulan pengendalian diri dimana kaum muslimin dan muslimat harus banyak mengisinya dengan kesabaran. Rasulullah SAW pun mengidentikan Bulan Ramadhan dengan kesabaran. Disamping itu juga disampaikan bahwa Ramadhan adalah salah satu media untuk menjadikan manusia sebagai insan berbakti yang memiliki kesabaran. Sabar memang mudah diucapkan, akan tetapi sulit untuk dipraktekkan, maka dari itu  balasan bagi orang yang berbuat sabar adalah surga.

Banyak orang yang kandas di perjalanan menuju sebuah kesuksesan karena ketidaksabaran. Akan tetapi tidak sedikit pula orang yang mendapatkan kesuksesan dikarenakan lahir dari buah kesabaran, ulet dan disiplin. Ramadhan merupakan pembinaan mentalitas kita sebagai seorang mukmin yang mutaqin. Imam Ghazali pernah menyampaikan mengenai kesabaran diantaranya :

1. Sabar dalam menjalani ketaatan, yaitu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan yang ada pada diri kita. Misalkan sholat berjama’ah, perjalanan menuju masjid dalam menjalani sholat berjamaah, sabar menjalani ibadah puasa dsb.

2. Sabar dalam meninggalkan kemaksiatan, Seorang yang beriman harus bisa menahan diri untuk tidak berbuat sesuatu yang dilarang.

3. Sabar dalam menerima Qadha dan Qadar, apa yang ada pada diri kita hari ini, saat ini adalah ketentuan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Jangan ada diantara kita seorang hamba Allah yang beriman mengeluh, tidak ridha atas apa yang dirasakannya saat ini.

Peraturan Pemerintah

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.72 Tahun 2012 Tentang Perum Percetakan Negara RI.

Selengkapnya