HomePublikasiBeritaLagu Indonesia Raya di Rekam Kembali di Lokananta
Gedung Kantor Perum PNRI Tempo Dulu

Lagu Indonesia Raya di Rekam Kembali di Lokananta

 

Lagu kebangsaan Indonesia Raya direkam ulang oleh Kemeterian Penidikan dan Kebudayaan di Lokananta Solo. Proses perekaman telah berlangsung sejak tanggal 18-20 Mei 2017, dan lebih dari 50 orang alumni personil Orkestra Gita Bahana Nusantara hadir disalah satu studio rekaman Lokananta, mereka melakukan rekaman ulang lagu Indonesia Raya dengan berbagai versi, termasuk versi 3 stanza yaitu dengan lirik lagu yang lebih panjang dibandingkan lagu sebelumnya yang selama ini dinyanyikan di berbagai kegiatan kenegaraan maupun kemasyarakatan.

Seperti yang diketahui Lokananta merupakan salah satu cabang dari Perum PNRI yang berada di Surakarta-Lokananta yang mana cangkupan tugasnya meliputi bidang multimedia, rekaman, penggandaan (kaset & CD room), remastering serta pengembangan percetakan dan jasa grafika.  Salah satu musisi yang terlibat dalam rekaman ulang lagu kebangsaan ini adalah Purwacaraka, ia mengatakan selama ini masyarakat belum menyanyikan lagu kebangsaan ini dengan benar. Menurut Purwacaraka perbedaan nada dasar menyanyikan lagu kebangsaan ini membuat kesan pada lagu kebangsaan ini juga berbeda.
 Kepala cabang Perum PNRI cabang Surakarta Lokananta Bpk Miftah Zubir mengatakan Perusahaan rekaman milik Negara ini memiliki fasilitas memadai untuk proses rekaman ulang lagu kebangsaan Indonesia Raya , dan Lokananta juga memiliki piringan hitam bersejarah tahun 1950 yang berisi rekaman sejumlah lagu kebangsaan Indonesia Raya termasuk versi 3 stanza. Lokananta sebagai Perusahaan rekaman milik Pemerintah juga memiliki ruangan dan artistiknya yang sangat memadai.

Lagu Indonesia Raya dengan 3 stanza ini akan di sosialisasikan ke masyarakat mengingat selama ini yang dipakai hanyalah satu stanza. Hasil rekaman di studio akan di distribusikan secara meluas ke masyarakat dan lagu kebangsaan ini diharapkan memiliki standar bahan baku dalam memainkan dan menyanyikanya.

 

Sumber : Detik.com


 

Peraturan Pemerintah

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.72 Tahun 2012 Tentang Perum Percetakan Negara RI.

Selengkapnya