HomePublikasiBerita
Gedung Kantor Perum PNRI Tempo Dulu

Kunjungan Kerja Perum PERURI

Inovasi dalam sebuah Organisasi atau Perusahaan sangatlah dibutuhkan, ini dilakukan dalam rangka mempertahankan dan eksistensi dalam kegiatan bisnis. Dalam rangka pengembangan bisnis di bidang smart card, Perum Percetakan Negara RI menggandeng mitra BUMN lainnya sesama Percetakan,yaitu Perum PERURI dalam hal pengerjaan kartu BUMN. Direktur Teknik dan Produksi Perum PERURI Bpk Subandrio beserta tim melakukan kunjungan kerja ke Perum Percetakan Negara RI pada tanggal 2 Agustus 2017. Diterima oleh Direktur Utama Perum Percetakan Negara RI Bpk Djakfarudin Junus dan Direktur Keuangan dan Produksi Bpk Satrijo Sigit Wirjawan, dalam kunjungan tersebut Perum Percetakan Negara RI dan Perum PERURI melakukan pembahasan lanjutan mengenai KSO kartu BUMN dalam hal kerjasama Operasi pencetakan kartu BUMN.

Sebagaimana diketahui bahwa Perum Percetakan Negara RI adalah satu-satunya BUMN yang di tunjuk untuk mencetak keperluan kartu BUMN, dalam pertemuan kerja kali ini  Perum percetakan Negara RI dan Peruri membahas tindak lanjut dan perkembangan pencetakan kartu BUMN. Selain melakukan pembahasan Direktur Teknik dan Produksi Peruri Bpk Subandrio beserta tim juga diajak ke pabrik smart card dan produksi untuk melihat proses pembuatan dan pencetakan baik kartu BUMN maupun pencetakan produk-produk Perum Percetakan Negara RI lainnya.

Dengan adanya kunjungan kerja dari Perum PERURI tersebut merupakan momentum baik bagi Perum Percetakan Negara RI, sekaligus dapat mempromosikan produk-produk serta kualitas mesin yang dimiliki di Perum Percetakan Negara RI, agar dapat terjalin kerjasama berikutnya antara Perum PERURI dengan Perum Percetakan Negara RI, serta dapat bersinergi antar sesama BUMN.




 

Kunjungan Kementerian Sosial, Bank BRI & Bank BNI

Sebagai bagian dari tindaklanjut/progress tentang sarana dan prasarana yang ada di Perum Percetakan Negara RI dalam rangka pencetakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dari Kementerian Sosial RI, pada tanggal 1 Agustus 2017 Perum Percetakan Negara RI mendapat kunjungan kerja dari Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemeterian Sosial RI, Bank BRI dan Bank BNI .

Sebagaimana diketahui saat ini, Perum Percetakan Negara RI telah menyelesaikan produksi Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) tersebut dan hanya tinggal menunggu data yang akan dipersonalisasikan ke identitas penerima Kartu Keluarga Sehat (KKS) baik berupa data personalisasi maupun berupa data encording. Salah satu alasan dibuatnya Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) adalah untuk menekan angka kemiskinan penduduk di Indonesia . Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) adalah salah satu program dari Kementerian Sosial RI yang bertujuan untuk dapat mensejahterakan masyarakat Indonesia.
Dalam melaksanakan pembuatan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ini Kementerian Sosial RI melibatkan 3 (tiga) Badan Usaha Milik Negara yaitu, Perum Percetakan Negara RI, Bank BRI dan Bank BNI. Perum Percetakan Negara RI bertindak sebagai pencetak kartu sedangkan Bank BRI dan Bank BRI bertugas mendistribusikan 12 juta Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ini ke seluruh Indonesia.

Selain sebagai pencetak, Perum Percetakan Negara RI juga menyediakan sarana berupa ID Reader untuk Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), guna ID Reader tersebut adalah untuk memverifikasi bahwa KKS itu asli dan dipegang oleh pemilik yang sesungguhnya. Selain itu ID Reader ini juga berfungsi untuk menghindari Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) palsu. Dalam kesempatan tersebut Perum Percetakan Negara RI juga mendemonstrasikan salah satu produknya yaitu ID Reader di hadapan seluruh rombongan. Sebagai informasi, Perum Percetakan Negara RI saat ini menjadi salah satu distributor ID Reader di Indonesia.

Kunjungan Kerja dari PT Terra, PT Samafitro, PT Asaba dan Cofi Company

Inovasi dalam sebuah bisnis sangatlah dibutuhkan, oleh sebab itu, pada tanggal 8 Juli 2017 Direktur Pemasaran Umum dan SDM Perum Percetakan Negara RI, Ibu Alfiatun Sarasati menerima kunjungan kerja dari beberapa perusahaan diantaranya PT Terra, PT Samafitro, PT Asaba dan Cofi Company (salah satu perusahaan yang berasal dari Timor Leste). Kunjungan kerja ini dimaksudkan dalam rangka penjajagan rencana kerjasama bisnis yang melibatkan beberapa perusahaan tersebut khususnya dalam bidang percetakan.

Didampingi oleh Divisi Operasional Cabang Perum PNRI, Didik Tjatur P dan Kepala Cabang Perum PNRI Ambon, Martin Manuhutu, Direktur Pemasaran Umum dan SDM melakukan pertemuan dengan beberapa perusahaan tersebut di Ruang Rapat Direksi Perum PNRI. Setelah melakukan perbincangan seputar bisnis percetakan, rombongan dari beberapa perusahaan dimaksud melakukan kunjungan ke pabrik percetakan Perum PNRI guna melihat sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Perum PNRI serta produk-produk yang dihasilkan oleh Perum PNRI. Dari hasil kunjungan tersebut, Perum PNRI mendapat respon yang baik dari para pengunjung akan fasilitas yang dimiliki oleh Perum PNRI.

Semoga dengan jalinan hubungan bisnis dengan beberapa perusahaan tersebut, dapat menjadikan Perum PNRI sebagai perusahaan yang maju dan dapat bersaing perusahaan percetakan lainnya.

Halal BI Halal Perum PNRI

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Manajemen Perum Percetakan Negara RI melaksanakan Acara Halal Bil Halal antara Dewan Pengawas, Direksi dan Seluruh Karyawan/karyawati Perum PNRI. Acara tersebut diselenggarakan pada hari pertama masuk kerja tanggal 3 Juli 2017. bertempat di Gedung Utama Perum Percetakan Negara RI.

Acara Halal Bil Halal tersebut merupakan acara rutin Tahunan yang khususnya di Perum Percetakan Negara RI melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, dilanjutkan dengan pelaksanaan sholat Idul Fitri pada tanggal 1 Syawal 138 H. Halal Bil Halal itu sendiri mengandung makna dan pengertian menyelesaikan persoalan atau problem, dengan demikian dengan adanya kegiatan Halal Bil Halal diharapkan hubungan yang selama ini keruh dan kusut dapat segera diurai dan dijernihkan. Halal Bil Halal bermakna untuk merekonstruksi relasi/memperbaiki hubungan kemanusiaan yang lebih sejuk dan menentramkan.

Acara dilanjutkan dengan bersalam-salaman dan ramah tamah, semoga dengan adanya kegiatan Halal Bil Halal ini dapat mempererat tali silaturahmi antara Dewan Pengawas, Direksi dan seluruh karyawan/karyawati Perum Percetakan Negara RI.

Sholat Idul Fitri 1438 H/2017

Bagi kaum muslimin yang mampu menundukkan Hawa Nafsu duniawi selama bulan suci Ramadhan dan dapat mengoptimalkan ibadahnya dengan penuh rasa ikhlas, maka Idul Fitri sejatinya adalah hari kemanangan baginya, dimana pada hari itu Allah SWT akan memberikan penghargaan baginya, dimana pada hari itu Allah SWT akan memberikan penghargaan istimewa yang selalu dinantikan oleh siapapun, termasuk para nabi dan umat yang sholeh yaitu maghfirah dan ridhonya sebagai batasan atas amal baik yang sudah dilakukannya.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya Perum Percetakan Negara RI bekerja sama dengan Pengurus Masjid Nurul Yaqin menggelar kegiatan sholat Idul Fitri 1438H/2017 bertempat di halaman Gedung Utama Perum Percetakan Negara RI. Hadir dalam pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1438H/2017 tersebut jajaran Manajemen Perum PNRI, Karyawan dan masyarakat sekitar. Dalam pelaksanaan sholat idul fitri kali ini bertindak sebagai Imam/khatib Drs. H. Alifudin L Yusuf M.A.

Pada kesempatan kali ini beliau menyampaikan khutbah diantaranya tentang mengajak kita sebagai umat islam untuk bertaqwa kepada Allah,menjalankan perintahnya dan menjauhkan larangannya, serta bersyukur kepada Allah Karena Idul Fitri adalah hari kemenangan bagi umat Islam.

Kegiatan sholat Idul Fitri di PNRI berjalan dengan baik dan lancar, semoga di tahun-tahun berikutnya Perum PNRI dapat menggelar kegiatan sholat Idul Fitri kembali guna meningkatkan rasa kebersamaan yang terjalin antara Direksi dan Karyawan/karyawati Perum PNRI.

Peraturan Pemerintah

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.72 Tahun 2012 Tentang Perum Percetakan Negara RI.

Selengkapnya