HomePublikasiBerita

Hari Disabiltas Internasional 2018

Presiden Joko Widodo menghadiri acara peringatan Hari Disabilitas Internasional 2018 yang berlangsung di halaman parkir, Summarecon Mal Bekasi, Kota Bekasi. Peringatan HDI 2018 mengusung tema “Empowering Persons With Disabilities and ensuring inclusiveness and equality”

Dalam acara ini Perum Percetakan Negara RI diwakili oleh Direktur Pemasaran, Umum dan SDM Perum Percetakan Negara RI, Waluyo Pujianto. Acara yang berlangsung dari tanggal 2 hingga 3 Desember ini, diikuti oleh 70 tenant yang salah satunya merupakan Perum Percetakan Negara RI dengan menampilkan produk smard card dan aplikasi iShalat.

Aplikasi iShalat merupakan produk multimedia mengenai e-learning (pembelajaran) tata cara shalat, wudhu, tayamum, bacaan shalat melalui mobile handphone Android/IOS secara visual animasi 3D dan audio. Stand Perum Percetakan Negara RI, pada acara yang berlangsung selama 2 hari ini, mendapat sambutan antusias dari masyarakat yang hadir langsung ke lokasi.

Hari Disabilitas Internasional diinisiasi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 1992 untuk meningkatkan kesejahteraan para penyandang disabilitas dan meningkatkan kesadaran akan kesulitan yang mereka hadapi.

Kita harapkan, kegiatan seperti ini dapat diselenggarakan lebih banyak lagi di lain waktu dan tempat. Agar melalui momentum ini, publik terus diingatkan bahwa penyandang disabilitas memiliki hak-hak dasar yang perlu dipenuhi seperti halnya warga negara lain.

Program ‘BUMN Hadir Untuk Negeri: Sambung Listrik Gratis Bagi Keluarga Tidak Mampu’ di Bogor

Presiden Joko Widodo meninjau Program ‘BUMN Hadir Untuk Negeri: Sambung Listrik Gratis Bagi Keluarga Tidak Mampu’ di Bogor pada hari minggu 02 Desember 2018. Lokasi pemasangan tepatnya berada di pemukiman warga Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.
Dalam kesempatan tersebut, Presiden secara simbolis mengaktifkan aliran listrik ke rumah warga yang dibantu program dengan menekan tombol miniature circuit breaker (MCB).

Selama ini banyak warga yang merasa kesulitan untuk melakukan penyambungan listrik mandiri secara resmi melalui PLN. Untuk memenuhi kebutuhan penerangan sehari-hari, ratusan rumah melakukan penyambungan listrik ke instalasi tetangga sekitar yang telah memiliki sambungan listrik. Biaya penyambungan standar merupakan kendala utama yang mereka hadapi.

Melihat kondisi tersebut, 34 BUMN sepakat untuk bersinergi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya dengan memberikan fasilitas penyambungan listrik secara gratis bagi masyarakat prasejahtera.

Direksi BUMN turut hadir pada kunjungan presiden tersebut, diantaranya Direktur Utama Perum Percetakan Negara RI, Djakfarudin Junus. Perum Percetakan Negara RI terlibat dalam hal penyediaan barang berupa acrylic dan sertifkat, dimana nantinya setiap warga yang mendapatkan Program dimaksud, akan diberikan sertifikat dan setiap rumahnya akan dipasang tanda/plakat yang terbuat dari acrylic yang sudah tertempel sticker Logo masing-masing BUMN terkait.

Melalui program ini diharapkan listrik dapat menyasar rumah tangga di seluruh provinsi di Indonesia. Seperti disampaikan Presiden bahwa negara akan berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat yang belum memiliki sambungan listrik tetap yang layak.

PENANDATANGANAN MoU KERJASAMA BISNIS LOKANANTA Perum Percetakan Negara RI dengan PT Bumi Kreatif Manajemen

Pada tanggal 30 November 2018 dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepakatan Kerjasama Bisnis Lokananta antara Perum Percetakan Negara RI dengan PT Bumi Kreatif Manajemen, yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultasi manajemen. Bertempat di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, acara penandatanganan yang disaksikan langsung oleh Dewan Pengawas Perum PNRI ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas usaha, serta mengembangkan potensi bisnis Lokananta. Sehingga diharapkan aset Lokananta akan lebih maksimal dalam pemanfaatannya.

Adapun ruang lingkup dari Nota Kesepahaman ini meliputi beberapa hal, yaitu:
1. Pembuatan kajian terkait konsep pengembangan bisnis Lokananta;
2. Melaksanakan konsep model bisnis secara terintegrasi;
3. Pengembangan terkait brand dan logo Lokananta;
4. Pengembangan konsep manajemen aset intelektual properti;
5. Pengembangan konsep manajemen program digital platform;
6. Pengembangan konsep komunikasi dan publikasi terkait Lokananta;
7. Pembuatan program dan kegiatan bisnis di industri bisnis; dan
8. Pembuatan laporan dan administrasi kegiatan konten Lokananta kepada unit kerja Pengembangan Lokananta.

PENANDATANGANAN MOU Perum Percetakan Negara RI dengan PT SUFI

Jumat, 30 November 2018 berlokasi di Kantor Pusat Perum Percetakan Negara RI telah dilaksanakan penandatanganan Kesepahaman Kerjasama Pembangunan dan Pengembangan Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi antara Perum Percetakan Negara RI dengan PT Sumber Utama Fiber Indonesia (SUFI), yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan, percetakan, dan jasa yang meliputi teknologi, perangkat keras, jaringan dan distributor.

Utamanya, perusahaan ini merupakan penyedia jaringan fiber Optik sebagai basis teknologi, dengan produk layanan meliputi: Interconnections Mobile Operator, International Private Leased Circuit, Dark Fiber, IP Transit, Metro-E, dan Local Loop.

Nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Direktur Utama Perum PNRI Bapak Djakfarudin Junus dan Direktur Utama PT Sufi Ibu Sari Handayani ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas usaha masing-masing dalam menjalin sinergi usaha yang saling menguntungkan, melalui:

1. Pembangunan data centre, mulai dari persiapan gedung,
pengisian HW data centre, dan lain-lain;
2. Pembangunan data recovery centre (DRC);
3. Pembangunan pusat penyimpanan data fisik maupun digital;
4. Penyediaan network;
5. Kerjasama pengembangan Lokananta; dan
6. Pembangunan lain yang diperlukan.

FACTORY VISIT DAI NIPPON PRINTING (DNP) INDONESIA KE PERUM PERCETAKAN NEGARA RI

 

Kamis, 29 November 2018 Perum PNRI menerima kunjungan dari Perusahaan Dai Nippon Printing (DNP) Indonesia. Perusahaan ini merupakan perusahaan percetakan dengan kapasitas produksi 90% Flexible Packaging dan 10% Off Set.

Berlokasi di Pulogadung, Jakarta dan Karawang dengan beberapa sertifikasi, seperti ISO 9001, 2000, SVLK, export-impor, keamanan, kesehatan, dan sebagainya dengan fokus produksi perusahaan di bidang Premium Packaging, dengan contoh produk kemasan Kratingdeng dan UC1000.

Dalam perkenalannya, DNP menyatakan bahwa di tahun 2019 DNP akan memiliki kenaikan order dengan lot 10-20%, untuk kebutuhan berinvestasi mesin, khususnya di Surabaya akan membutuhkan biaya (cost) yang cukup tinggi, sehingga DNP berencana mencari partner bisnis sebagai Long Term Sub-Con untuk dapat tumbuh bersama.

Adapun spesifikasi perusahaan yang dibutuhkan DNP yaitu memiliki mesin cetak enam warna, finishing hybrid, metalizing paper dan pencetakan kertas transparan (plastik).

Perum PNRI sendiri dalam dua tahun terakhir ini sedang mencari aliansi strategis dalam melakukan pengembangan lini bisnis di luar percetakan, seperti Packaging, Smartcard, dan bisnis Digital (Digital Printing, Inventory Machine, Parking Machine, RFID dan sebagainya). Fasilitas utama pabrik yang dimiliki Perum PNRI, yaitu:
• Packaging
• Smart Card
• Off Set

Pada kesempatan tersebut, Perum PNRI memperkenalkan asetnya kepada DNP melalui kegiatan kunjungan pabrik, melihat mesin Een Steel/Packaging, Security Printing, dan Smart Card.

Perum PNRI berharap kebutuhan market BUMN juga dapat dikerjasamakan melalui kerjasama Co-research dengan DNP dan sebelum masuk ke project tahun depan, DNP juga berharap adanya trial produksi, sehingga diharapkan produksi dapat berjalan maksimal di tahun 2019.

Adapun beberapa alternatif skema bisnis yang ditawarkan Perum PNRI bagi aliansi, yaitu: Sub Con/Sub Order, Co-Marketing, Trading/Inventory Coorporation, dan Machine Inventory.

Subcategories