HomePublikasiBerita

Indonesia International Book Fair (IIBF) 2018

Indonesia International Book Fair (IIBF) kembali di gelar pada tahun 2018 ini, yang diselenggarakan pada tanggal 12 sampai dengan 16 September 2018 dan bertempat di Jakarta Convention Center, tepatnya di Cendrawasih Room dan Plenary Hall.

Indonesia International Book Fair (IIBF) merupakan pameran tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI). Diselenggarakan pertama kali tahun 1980 dan tahun 2018 adalah penyelenggaraan yang ke-38. Sejak tahun 2014, pameran ini bertransformasi menjadi pameran buku berskala internasional.

IIBF merupakan pusat kegiatan promosi, transaksi, diskusi, dan interaksi nasional maupun internasional bagi kalangan penerbit, penulis, pustakawan, aktivis literasi, seni, budaya, dan pendidikan, serta pelaku industri kreatif lainnya.

Gelaran yang didukung Badan Kreatif Indonesia (Bekraf) ini diikuti oleh puluhan penerbit dari 17 negara, yaitu Indonesia, Arab Saudi, Australia, Inggris, Cina, Maroko, India, Jepang, Jerman, Korea Selatan, Malaysia, Mesir, Turki, Singapura, Uni Emirat Arab, Thailand, dan Tunisia.

Selain para penerbit, sejumlah lembaga negara juga turut membuka stand diantaranya yaitu Perum Percetakan Negara RI yang menampilkan produk Lokananta berupa cover dan piringan hitam lagu-lagu tempo dulu. Pada pameran yang berlangsung selama 5 hari ini stand Perum Percetakan Negara RI mendapat sambutan antusias dari masyarakat yang telah hadir di IIBF ini.

Keikutsertaan Perum Percetakan Negara Republik Indonesia yang menampilkan produk Lokananta di Indonesia International Book Fair (IIBF) 2018, diharapkan dapat kian terus memperkenalkan Produk Perum Percetakan Negara RI ke masyarakat internasional.

Perum PNRI Untuk ASIAN GAMES 2018

Momen yang ditunggu akhirnya telah tiba juga, Perum Percetakan Negara Republik Indonesia kembali mempersembahkan sumbangsihnya di Ajang Asian Games. Pada Selasa 27 Agustus 2018 telah berlangsung penyerahan souvenir secara resmi dari Perum Percetakan Negara Republik Indonesia yang diserahkan secara langsung oleh Direktur Utamanya, Djakfarudin Junus kepada perwakilan Deputi 1 INASGOC Bapak Nur Ali. Souvenir yang diberikan adalah lagu-lagu asli Indonesia dalam kemasan CD yang dibagikan kepada seluruh kontingen Asian Games 2018.

Kepingan CD tersebut dibuat menyerupai piringan hitam cenderamata Asian Games 1962. Hanya saja ada perbedaan pada covernya yang lebih kekinian dengan menampilkan logo Asian Games 2018 berlatar warna putih. Saat ini Perum Percetakan Negara Republik Indonesia bekerja sama dengan panitia penyelenggara Asian Games 2018 atau INASGOC mulai mendistribusikan CD yang berisi lagu-lagu asli Indonesia. Tidak hanya untuk atlet dari 45 negara, souvenir tersebut juga dibagikan kepada official dari negara peserta kejuaraan olahraga terbesar di Asia ini.
Apa yang dilakukan oleh Perum Percetakan Negara Republik Indonesia adalah sebuah panggilan sejarah.

Karena pada tahun 1962 saat Indonesia pertama kali menjadi tuan rumah Ajang ASIAN GAMES, Lokananta saat itu mempersembahkan 4 seri Piringan Hitam size 10 inci yang berisi kompilasi lagu-lagu Indonesia. Saat ini Lokananta yang memang memegang hak cipta lagu-lagu tersebut membutuhkan waktu tiga bulan, atau sejak Mei untuk me-remake dalam bentuk CD tersebut.

Perhelatan Asian Games 2018 merupakan hajatan besar yang untuk datang lagi ke Indonesia membutuhkan waktu lama. Untuk menjadi tuan rumahpun bahkan harus menunggu 56 tahun. Perum Percetakan Negara Republik Indonesia sebagai Badan Usaha Milik Negara sangat tertantang untuk berperan di Asian Games 2018 ini.
Sementara itu perwakilan Deputi 1 INASGOC Bapak Nur Ali mengaku sangat mengapresiasi peran dari Perum Percetakan Negara RepubIik Indonesia. Menurut dia, apa yang dilakukan merupakan cara lain untuk lebih mengenal Indonesia. Sebagai tuan rumah, Indonesia memang dituntut untuk bekerja secara maksimal.

"Kami sudah bergerak. Kemarin kami sudah memberikan souvenir ini kepada perwakilan kontingen Indonesia. Respon mereka sangat bagus," katanya di sela penyerahan souvenir secara resmi dari Perum Percetakan Negara Republik Indonesia ke INASGOC.

Diharapkan dengan adanya souvenir lagu-lagu Indonesia ini para peserta Asian Games lebih mengenal lagi Indonesia termasuk budaya serta keberagaman lagunya dan membuat Perum Percetakan Negara Republik Indonesia lebih dikenal di Dunia Internasional.

Perjanjian Kerjasama Perum PNRI Dengan PT Indonesia Inkubator Teknologi & PT.Antasena Karya Sukses

Senin 27 Agustus 2018 telah dilakukan penandatanganan kerjasama antara Perum Percetakan Negara Republik Indonesia dengan PT. Indonesia Inkubator Teknologi perihal pengadaan Smard Card dan dengan PT. Antasena Karya Sukses perihal Kerjasama Produksi Percetakan.
PT Indonesia Inkubator Teknologi adalah Perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi, pencetakan dokumen sekuriti, dan multimedia serta usaha-usaha lain yang dapat menunjang tercapainya maksud dan tujuan Perum Percetakan Negara Republik Indonesia, dalam hal ini perlu menambah kapasitas produksi guna pencetakan smard card.

Perjanjian ini dibuat dengan ruang lingkup untuk melakukan kerjasama yang menghasilkan sinergi bagi kedua belah pihak sesuai perannya masing- masing dalam rangka mengikuti proses tender termasuk namun tidak terbatas untuk menyiapkan seluruh dokumen-dokumen tender, serta kerjasama dalam rangka produksi smard card.

Lalu selanjutnya penandatanganan Perum Percetakan Negara Republik Indonesia dengan PT. Antasena Karya Sukses, yang merupakan Badan Perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan jasa, konsultasi, percetakan, mesin hingga aplikasi di lapangan.

Tujuan perjanjian ini merupakan komitmen awal dalam rangka mewujudkan hubungan kerjasama yang saling menguntungkan dan mampu memberikan nilai tambah bagi para pihak dan dengan tetap memperhatikan prinsip Good Corporate Governance (GCG).

Ruang lingkup kerjasama Perum Percetakan Negara Republik Indonesia dengan PT. Antasena Karya Sukses diantaranya adalah, PT. Antasena Karya Sukses bersedia menempatkan mesin-mesin yang dibutuhkan oleh Perum Percetakan Negara Republik Indonesia. Mesin tersebut adalah milik PT. Antasena Karya Sukses yang ditempatkan di lokasi milik Perum Percetakan Negara Republik Indonesia, termasuk perawatan mesin- mesin berupa (oil dan lain-lain) serta kerusakan selama operasional mesin yang bersangkutan.

 

Perjanjian Kerjasama Perum PNRI Dengan Yayasan Komunitas Satu Benih Indonesia

Pada tanggal 23 Agustus 2018 telah dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Perum Percetakan Negara Republik Indonesia dengan Yayasan Komunitas Satu Benih Indonesia perihal Intellectual Property, Penerbitan, Pencetakan serta Penjualan AL-Quran Mushaf Majmail Bahrain.

Yayasan Komunitas Satu Benih Indonesia yang disebut dengan Satu Benih, adalah sebuah gerakan kepedulian sosial dari beberapa karyawan BUMN dan para relawan yang bergabung membentuk Organisasi Satu Benih pada tahun 2007 dan membentuk sebuah gerakan Orang Tua Asuh bagi anak-anak yatim pada keluarga yang kurang mampu, dengan tujuan agar anak-anak yatim tersebut bisa terus melanjutkan pendidikannya, sehingga dapat menjadi anak yang berguna bagi keluarga dan lingkungannya.

Yayasan Komunitas Satu Benih Indonesia yang merupakan salah satu yayasan yang bergerak di bidang pencetakan dan penjualan Al-Qur’an yang berkedudukan di Desa Babakan, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor.
Yayasan Komunitas Satu Benih Indonesia telah memiliki Hak Kekayaan Intelektual berupa Al Qur’an Mushaf Majma’il Bahrain dengan Tanda Tashih yang diterbitkan Kementerian Agama Republik Indonesia dan sebelumnya yayasan ini telah melakukan kerjasama dengan SBU Jakarta Perum PNRI dalam bidang pencetakan Al-Qur’an.

Ruang lingkup kerjasama dalam perjanjian ini adalah,

• Pemanfaatan design cover dan sinblade Al-Qur’an milik Perum Percetakan Negara Republik Indonesia untuk kepentingan penerbitan, pencetakan dan penjualan Al-Qur’an Mushaf Majmail Bahrain.

• Penggunaan hak intellectual property yang dimiliki oleh pihak Yayasan Komunitas Satu Benih Indonesia dalam rangka penerbitan dan pencetakan serta penjualan Al-Qur’an oleh Perum Percetakan Negara Republik Indonesia.

• Penerbitan dan Pencetakan Al’Quran oleh Perum Percetakan Negara Republik Indonesia dengan ukuran atau spesifikasi yang dimliki oleh Yayasan Komunitas Satu Benih Indonesia berupa Mushaf saja, Mushaf dan Terjemahannya dan Mushaf dan Panduan sebanyak pesanan yang diterima oleh Perum Percetakan Negara Republik Indonesia dari customer, dengan semua biaya pencetakannya ditanggung oleh Perum Percetakan Negara Republik Indonesia.

• Pelaksanaan penjualan produk pencetakan Al’Quran oleh Perum Percetakan Negara Republik Indonesia.

Diharapkan dengan adanya perjanjian kerjasama ini mampu meningkatkan produktivitas dan pendapatan perusahaan, khususnya dalam produksi dan pencetakan Al Quran. Amiiinn................

Penyerahan Hewan Qurban & Shalat Idul Adha

Idul ِAdha adalah hari raya kedua dalam Islam yang jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijjah setiap tahunnya. Hari Raya Idul Adha dikenal juga dengan Idul Qurban karena pada lebaran ini umat Islam yang mampu disunnahkan untuk ber-qurban. Ia juga dikenal dengan Lebaran Haji karena bertepatan dengan bulan haji.

Dalam menyempurnakan ibadah pada hari raya Idul Adha Perum Percetakan Negara Republik Indonesia juga bekerjasama dengan pengurus masjid Nurul Yaqin dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban. Penyerahan hewan kurban tersebut diberikan secara simbolis oleh Direktur Utama Perum Percetakan Negara Republik Indonesia, Djakfarudin Junus kepada pengurus Masjid Al- Istiqomah untuk dilakukan penyembelihan pada hari rabu tanggal 22 Agustus 2018 dan selanjutnya untuk diserahkan kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya Perum Percetakan Negara Republik Indonesia bekerja sama dengan pengurus masjid Nurul Yaqin menggelar kegiatan sholat Idul Adha 1439H/2018 bertempat di halaman gedung utama Perum Percetakan Negara Republik Indonesia.

Hadir dalam pelaksanaan shalat Idul Adha 1439H/2018 Direktur Utama Perum Percetakan Negara Republik Indonesia, Djakfarudin Junus serta Direktur Pemasaran, Umum dan SDM, Waluyo Pujianto dan masyarakat sekitar. Pelaksanaan sholat Idul Adha kali ini bertindak sebagai Imam/khatib adalah Ustadz Drs. H. Mawardi Djosan . Kegiatan sholat Idul Adha di Perum Percetakan Negara Republik Indonesia berjalan dengan baik dan lancar,

Momentum Hari Raya Idul Adha merupakan pembelajaran pengorbanan dan ujian keimanan terberat sepanjang sejarah peradaban manusia, yang diperankan oleh Nabi Ibrahim, AS. dan Nabi Ismail, AS. Ketaatan Nabi Ibrahim, AS, serta keikhlasan dan kesabaran Nabi Ismail, AS, dalam menjunjung tinggi perintah Allah SWT mengundang kekaguman bagi setiap umat
Berqurban memiliki makna yang sangat dalam untuk mengajarkan setiap umat untuk rela mengorbankan apa yang dimilikinya hanya semata-mata ditujukan sebagai bentuk ketauhidan hanya kepada Allah SWT. Sebagai umat muslim yang beriman yang mampu hendaknya untuk berqurban. Karena berqurban merupakan salah satu tanda ketaqwaan kita kepada Allah SWT dan sekaligus dapat dapat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan dengan cara bersedekah.

Semoga dengan diadakannya kegiatan Sholat Idul Adha dan pemberian hewan qurban dapat menjadikan Perum Percetakan Negara Republik Indonesia menjadi lebih barokah dan diberikan kemudahan-kemudahan dalam setiap proses pekerjaan dan bisnis yang dijalani.

Subcategories