HomePublikasiArtikel
Gedung Kantor Perum PNRI Tempo Dulu

Membangun Budaya Kerja

Memahami budaya kerja pada dasarnya dapat dipahami dengan sederhana, Budaya kerja dapat diartikan sebagai sebuah prilaku rutin yang tumbuh dan berkembang secara alamiah di lingkungan kerja. Saya mencoba membuat tulisan mengenai Budaya Kerja ini pengalaman saya bekerja dan mengabdi selama + 24 tahun bekerja di BUMN yang berbeda bidang usaha.

Budaya Kerja tersebut merupakan perilaku-perilaku yang ada dan berkembang di suatu perusahaan antara lain meliputi :

  1. Berkonsentrasi dan berkontribusi positif di bidang/unit kerja masing-masing.
  2. Perilaku inovatif dalam setiap upaya peningkatan produktifitas.
  3. Tidak melihat suatu kekurangan sebagai kelemahan, tetapi justru berusaha merumuskan kunci penyelesaiannya dengan mencari jalan keluar yang terbaik (kemaslahatan bersama) untuk mencapai hasil /target yang telah ditetapkan.
  4. Tidak bekerja secara terkotak-kotak, tetapi justru melihat unit-unit kerja yang lain sebagai partner kerja (Internal Alliance Strategi).
  5. Kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan kerja dan aktifitas kerja.
  6. Memahami kerja sebagai salah satu dari sekian banyak amanah yang/ditugaskan kepada kita dari Allah SWT.

Harapan saya selama memimpin Perum PNRI, Budaya Kerja tumbuh dan berkembang secara sehat dan dinamis yang terwujud kedalam 6 (enam) bentuk perilaku tersebut di atas.
 
Saya sangat meyakini melalui Budaya Kerja, akan mudah dicapai sasaran KPI (Key Performance Indicator), Pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan(Sustainable growth), Going Concern, Good Innovation, Governance Practice dan Risk Awareness diseluruh unit kerja dan jajaran personil Perum PNRI di Kantor Pusat dan Cabang.
 
Sebagai penutup sambutan, perkenankan saya menyampaikan perkataan Rasulullah SAW “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat buat manusia yang lain.” (Dari Ibnu Umar RA).
 
Selamat Menjalankan Budaya Kerja dilingkungan kerja masing-masing di Perum PNRI yang kita cintai dan sayangi bersama.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Perum Percetakan Negara Republik Indonesia


Djakfarudin Junus
Direktur Utama

Peraturan Pemerintah

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.72 Tahun 2012 Tentang Perum Percetakan Negara RI.

Selengkapnya