HomeProfilArti dan Makna Logo
Gedung Kantor Perum PNRI Tempo Dulu

Arti dan Makna Logo Perum Percetakan Negara RI

 

Huruf PNRI :

Dengan komposisi warga RGB (red, Green, Blue) merupakan pencerminan singkatan dari kalimat “Percetakan Negara RI” sebagaimana tercantum di bawah logo huruf PNRI.


Huruf “bersayap” :

Huruf P bersayap, mengawali citra PNRI yang bergerak dinamis. Garis yang menyatukan komposisi huruf PNRI tersebut berjumlah delapan, melambangkan “Astra Gatra” atau delapan aspek yang tidak bisa dilepaskan dari “Tri Gatra” (tiga Aspek) dan “Panca Gatra” (Lima Aspek) yang merupakan unsur utama dalam ketahanan nasional (National Resilience).
 
Dengan perkataan lain Perum Percetakan Negara RI mengemban Visi dan Misi Negara Republik Indonesia yang tidak bisa dilepaskan dari Astra Gatra  dalam menghadapi pengaruh lingkungan strategis yang terdiri atas : Situasi letak geografis, kualitas Sumber Daya Manusia, Sumber Daya Alam, Aspek Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya dan Pertahanan dan Keamanan.
 
Disamping itu angka 8 (delapan) juga dianggap sebagai “Lucky Number” dalam kreativitas kehidupan.


Guratan Awan :

Guratan “awan” sebagai latar belakang huruf PNRI merupakan simbolik “dunia maya”, sebagaimana teknologi maju internet dan digital yang telah memberi corak tersendiri dalam dunia percetakan.
 
“Printing is the mother of culture”, saat ini tidak saja menghasilkan karya cetak di atas kertas (on paper), tetapi juga bisa berupa karya cetak non-kertas (paper less) berkat kemajuan teknologi informasi yang mencakup produk multimedia.

Dua guratan pada “awan” tersebut melambangkan komitmen hasil karya Perum PNRI yang tepat kualitas dan tepat waktu, dan hanya mengenal : yang baik dan terbaik dalam melayani pelanggan yang sangat dibanggakan.

Peraturan Pemerintah

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.72 Tahun 2012 Tentang Perum Percetakan Negara RI.

Selengkapnya