Perum PNRI Menjadi Bagian Penting Hari Musik Nasional

Perum Percetakan Negara RI termasuk salah satu BUMN yang menjadi bagian penting di Hari Musik Nasional, karena Lokananta sebagai label rekaman pertama dan satu-satunya milik Negara yang berdiri sejak Tahun 1956 merupakan saksi sejarah bagi industri musik tanah air pada Tahun 2004 resmi menjadi kantor Perum Percetakan Negara RI Cabang Surakarta–Lokananta.

Selama kurun waktu lebih dari setengah abad berdiri, Lokananta tercatat berhasil dalam mendokumentasikan ribuan karya audio yang sumbernya tersebar dari berbagai ragam karya seni serta peristiwa-peristiwa bersejarah negeri ini.

Lokananta menyimpan dengan baik berbagai kepingan master dengan konten audio yang dimiliki tidak kurang dari 5.000 Master Pita reel dan 30.000 keping piringan hitam, berisi lagu-lagu daerah, pop, keroncong, folklore/rakyat, pidato kenegaraan Presiden Soekarno, dan sebagainya.

Pada 9 Maret 2022 kemarin, PNRI Muda organisasi yang baru diresmikan beberapa bulan yang lalu ini merupakan wadah yang dibentuk untuk menampung semua ide dan gagasan dari anak-anak muda bertalenta di lingkungan Perum PNRI, turut berpartisipasi dalam menyemarakan Hari Musik Nasional tahun ini dengan cara kembali memperkenalkan Lokananta dan mengcover lagu-lagu yang pernah direkam di Lokananta. Ada dua lagu yang dibawakan oleh PNRI Muda, yaitu Lagu Bengawan Solo milik Alm. Gesang dan Sedih Tak Berujung milik Alm. Glenn Fredly.

Hal ini juga sejalan dengan salah satu tujuan BUMN Muda, dimana anak muda di Lingkungan BUMN bisa saling berbagi pemikiran sehingga tercipta sebuah kreasi inovatif yang dapat bermanfaat untuk masyarakat banyak. Oleh karena itu, ke depan, PNRI Muda akan terus membuat program-program dengan berbagai macam ide kreatif dan inovatif.