Ketahanan Perusahaan Pada Masa Pandemi Menjadi Kunci Pemulihan Bisnis

Jakarta, 28 Agustus 2021. Kondisi pandemi covid-19 yang melanda dunia, tidak terkecuali Indonesia, mengharuskan semua pihak secara sistematis dan komprehensif mempersiapkan transformasi atas potensi turbulensi yang muncul dalam segala bidang. Bagi perusahaan, transformasi bisnis yang terencana dan terukur dengan pendekatan akuntansi manajemen menjadi hal penting untuk dilakukan dalam membentuk ketahanan perusahaan.

Perusahaan perlu merumuskan strategi-strategi yang tepat dengan memerhatikan sumber daya yang dimiliki guna menjaga kinerjanya. Restrukturisasi keuangan dan pengembangan bisnis menjadi hal yang tidak terelakkan dalam merespon kondisi bisnis akibat pandemi covid-19. Dalam hal ini, peran akuntan manajemen sangat penting untuk mengelola informasi dan mengambil keputusan manajerial bagi perusahaan sehingga dapat terbentuk ketahanan perusahaan yang akan menjadi kunci pemulihan bisnis pada dan pasca pandemi.

Hal tersebut disampaikan oleh Ibu Dhita Febrianty, CPMA, Asean CPA (Ketua Bidang Keanggotaan IAMI dan Direktur Keuangan & SDM Perum Percetakan Negata RI) sesaat setelah menjadi moderator dalam diskusi nasional bertema “The Role of Management Accountants in Developing the Company’s Immunity to Covid-19 Pandemic : Accelerating Indonesia’s Economic Recovery” yang menghadirkan pembicara Bapak Prof. Roy Sembel (Professor Distinguished Chair IPMI International Business School) dan Bapak Haru Koesmahargyo CPMA, Asean CPA (Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Kelembagaan dan Korporasi IAMI) dan Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk).

Diskusi tersebut merupakan salah satu tema utama yang diusung pada IAMI Management Accountants Conference 2021 Virtual : Managemen Accountants Againts Covid-19 Pandemic : The Role in Catalysing Econimic Recovery yang dilaksanakan pada 27-28 Agustus 2021. Menghadirkan pembicara kompeten dan berpengalaman antara lain Direksi BUMN dan grup BUMN, konsultan, praktisi bisnis dalam dan luar negeri, serta akademisi.